PERENCANAAN PENGAJARAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJAAN
Abstract
Tulisan ini mengurai tentang bagaimana tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan bagaimana implikasi perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaran. Persoalan ini dibahas dengan penelitian kepustakaan dengan pendekatan pedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua poin yang penting diperhatikan dalam perencanaan pengajaran oleh setiap tenaga pendidik. Pertama, persiapan dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini meliputi, mengenal kondisi yang mengitari peserta didik, memahami karakteriristik peserta didik, memahami gaya belajar dan kemampuan peserta didik; serta memiliki kompetensi sebagai tenaga pendidik professional. Kedua, kegiatan dalam perencanaan pengajaran, meliputi, mengembangkan silabus, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Implikasi kegiatan perencanaan pengajaran dalam kegiatan belajar berinterakasi dengan kegiatan bagaimana tenaga pendidik mengajar serta bagaimana peserta didik belajar. Kegiatan pengajaran ini merupakan suatu kegiatan yang disadari dan direncanakan. Suatu kegiatan yang direncanakan atau mengadung tiga unsur penting, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Demikian juga halnya dengan pengajaran. Setiap tenaga pendidik semestinya melakukan persiapan mengajar sebelum memasuki suatu proses pembelajaran. Tenaga pendidik yang memiliki perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaran dapat memberikan mencapai hasil maksimal menciptakan tujuan hidup berbangsa dan bernegar yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
References
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet.III; Jakarta : PT.Bumi Aksara. 2002.
B.Uno Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Cet. II; Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2007.
Baki, Nasir A. Metodologi Pembelajaran Agama Islam (Dilengkapi Pembahasan Kurikulum Tahun 2013). Cet. I; Yogyakarta: Eja Pubisher, 2014.
Kurniawan, Syamsul. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Cet. I; Ar-Ruzz Media: Jogjakarta, 2011.
Latief, Abdul. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Islam. Cet.I; Bandung: PT.Pustaka Bani Quraisy, 2006.
Leo Agung dan Sri Wahyuni. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak, Yogyakarta, 2013.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
M. Nur Gufron dan Rini Risnawati. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Cet.II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Marwiyah, Siti. Urgensi Urgensi Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. (Jurnal Ulul Albab Volume 13, Nomor 1, Januari 2011. Makassar; Universitas Muslim Indonesia, 2011.
Oemar Hamalik. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Cet.II; Jakarta:PT. Bumi Aksara, 2003.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Cet.XVIII; Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998.
Sadirman, Arif S. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cet 8; PT Raja Grafindo Persada; Jakarta, 2005.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet.IX; Jakarta: Kencana, 2012.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).