MENELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI FILSAFAT KHUSUS
Abstract
Filsafat adalah usaha manusia yang mempelajari hakikat melalui akal budi manusia dengan menggunakan akal budi untuk memahami dan menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan transendensi, humanisme, dan dunia manusia. Objek kajian filsafat yaitu tidak lepas dari ontologi, epistimologi dan aksiologi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui makna filsafat, dan (2) mengetahui objek kajian filsafat umum dan filsafat khusus dalam pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Teknik yang digunakan ialah mengumpulkan bahan-bahan bacaan seperti buku, artikel dan jurnal yang menjadi pokok pembahasan dari topik penelitian. Kajian yang akan dibahas dalam altikel ini pada objek filsafat umum meliputi sejarah kemunculan filsafat, karakteristik berfikir secara filsafat, menfaat mempelari filsafat. Kemudian pada objek yang berkaitan dengan filsafat khusus yaitu filsafat praktik pendidikan dan filsafat ilmu pendidikan Islam. Dengan mempelajari filsafat dapat membantu kita memahami apa yang benar dan salah, dan antara filsafat mana yang membantu kemajuan dan mana yang merusak. Karena, dalam dunia pendidikan diperlukan mempelajari filsafat. Karena, filsafat dapat membantu kita menilai kebijakan, memahami diri sendiri dan masyarakatnya, menemukan kebenaran, dan mengubah kehidupan dengan berpikir kritis.
References
Achmadi, Asmoro. 2003. Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Adnan, Gunawan. 2016. Filsafat Kontemporer: Diskursus Filsafat Barat Dan Islam. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Press.
Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan. Vol. 13. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. https://doi.org/10.36421/veritas.v13i1.255.
Ananda, Siti Dea. 2023. “Syair Al-I’tirof Karya Abu Nawas Dalam Perspektif Filsafat Bahasa.” Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya 13 (1): 64–77. https://doi.org/10.37905/jbsb.v13i1.17843.
Anwar, Muhammad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Pernadamedia Group.
Arif, Miftahussaadah & Mahmud. 2021. “Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Keberagaman Radikal.” Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3 (2): 201.
Asy’arie, Bima Fandi. 2023. “Strategy For Islamic Religious Education Teachers in Growing Aqidah Towards Students in Batanghari, Lampung Timur.” Jurnal Diskursus Islam 11 (3): 267–84. https://doi.org/10.24252/JDI.V11I3.40885.
Bistara, Raha. 2021. “Keunggulan Metode Demonstratif Terhadap Metode Retorika Dan Dialektika: Menguak Metode Kritik Filsafat Ibn Rusyd.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 16 (2): 72.
Burhanuddin, Nunu. 2018. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pernadamedia Group.
Daly, Chris. 2010. Pengantar Metode-Metode Filsafat. Yogyakarta: Antinomi.
Danawak, Felisita Marcelliana Atmojo dan Yeni. 2022. “Tinjauan Filsafat Metode Dialog Socrates Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 45.
Djamaluddin, Ahdar. 2014. “Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy).” Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 1 (2): 129.
Djamaluddin, Ahdar, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and Negeri Parepare. 2014. “Filsafat Pendidikan.” Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 1 (2): 130. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208.
Fandi Asy’arie, Bima, and Abd. Haris. 2023. “Hakikat Manusia Sebagai Pelaku Pendidikan Islam.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 4 (1): 32–49. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.97.
Gunawan Adnan. 2020. Filsafat Umum. Aceh: Ar-Raniry Press.
Hamzah, Amir. 2022. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kaajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi Proses Dan Hasil. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Hasanuddin, Idris. 2022. “Filsafat Sosial Pendidikan Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat 12 (1): 62. https://doi.org/10.36915/jitu.
Hermawan, Heris. 2011. Filsafat Ilmu. Bandung: CV Insan Mandiri.
Hikmawan, Fadhil. 2017. “Perspektif Filsafat Pendidikan Terhadap Psikologi Pendidikan Humanistik.” Jurnal Sains Psikologi 6 (1): 31–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p31-36.
Ibda, Hamidulloh. 2018. Filsafat Umum Zaman Now. Pati: CV Kataba Group. https://books.google.co.id/books?id=t3zPqTnRjX0C&dq=wrong+diet+pills&source=gbs_navlinks_s.
Idris, Saifullah. 2016. Demokrasi Dan Filsafat Pendidikan (Akar Filosofis Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Filsafat Pendidikan). Banda Aceh: Ar-Raniry Press.
Iksan, Muchamad. 2015. “Epistemologi Mencari Kebenaran Dengan Pendekatan Transendental.” Prosiding Seminar Nasional, 336. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5680/22.Muchammad Iksan.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Khudori Soleh. 2016. Filsafat Islam Dari Klasik Hinga Kontemporer. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media. https://drive.google.com/file/d/1NIfV8QKM4Z1aR2JtMTBrZMQCixVbb25J/view.
Laily Navi’atul Farah. 2022. “Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam Dan Filsafat Pendidikan Barat.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 2 (1): 115–28. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-08.
Lubis, Nur A. Fadhil. 2020. Pengantar Filsafat Umum. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Luthfiyah, Luthfiyah, and Abdul Lhobir. 2023. “Ontologi , Epistimologi Dan Aksiologi Filsafat Pendidikan.” Jurnal Basicedu 7 (5): 3249–54. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150.
Milasari, Badarussyamsi, Ahmad Syukri. 2021. “Filsafat Ilmu Dan Pengembangan Metode Ilmiah.” Jurnal Filsafat Indonesia 4 (3): 220.
Miswari. 2018. Filsafat Pendidikan Agama Islam. Sulawesi: Unimal Press.
Mudyaharjdo, Redja. 2012. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mufid, Muhammad. 2009. “Etika Dan Filsafat Komunikasi.” Prenadamedia. Jakarta: Pernadamedia Group.
Muhammad Kristiawan. 2016. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Valia Pustaka.
Muliadi. 2020. Filsafat Umum. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.
Munir, Misnal. 2014. Filsafat Sejarah. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nasution, Ahmad Taufik. 2016. Filsafat Ilmu: Hakikat Mencari Pengetahuan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Natasya, Azzahra, Tiara Putri, Rizki Putri, Jasmin Siahaan, and Ardina Khoirunnisa. 2022. “Filsafat Ilmu Dan Pengembangan Metode Ilmiah.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3 (1): 172.
Rachman, M Taufiq. 2020. Filsafa Ilmu Pengetahuan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Rofiq, M Nafiur. 2018. “Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan.” Falasifa : Jurnal Studi Keislaman 9 (1): 161. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.112.
Rohani, Fanny Suci Fadillah, Mahdar Ernita, M. Fahli Zatrahadi. 2022. “Metode Analisis Dialektika Hegel Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial.” Tsaqifa Nusantara 01 (01): 47.
Rosnawati, Ahmad Syukri, Badarussyamsi, Ahmad Fadhil Rizki. 2021. “Aksiologi Ilmu Pengetahuan Dan Manfaatnya Bagi Manusia.” Jurnal Filsafat Indonesia 4 (2): 189.
Rosyadi, Faiq Ilham. 2021. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam Kajian Teoritis Filosofis.” Heutagogia: Journal of Islamic Education 1 (2): 1–13. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55511.
Safitri, Elen. 2022. “Pengertian, Objek Dan Ruang Lingkup Filsafat, Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (6): 5402.
Samuji. 2022. “Pengertian, Dasar-Dasar Dan Ciri-Ciri Filsafat.” Jurnal Paradigma 13 (1): 13.
Sanderan, Rannu. 2020. “INTUISI: Pendalaman Gagasan Hans-George Gadamer Tentang Intuisi Sebagai Supralogika.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2 (2): 117. https://doi.org/10.37364/JIREH.V2I2.39.
Sholeh, Farhanuddin. 2016. “Penerapan Pendekatan Fenomenologi Dalam Studi Agama Islam.” Jurnal Qolamuna 1 (2): 351. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/27.
Sidik, Humar, and Ika Putri Sulistyana. 2021. “Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah.” AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA 11 (1): 24. https://doi.org/10.25273/AJSP.V11I1.6224.
Soleh, Khudori. 2016. Filsafat Islam: Dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solihin, Rahmat. 2022. “Hubungan Filsafat Ilmu Terhadap Perkembangan Pendidikan.” Edikasi: Jurnal Pendidikan 10 (1): 74. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders.
Soyomukti, Nurani. 2011. Pengantar Filsafat Umum. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Suseno, Franz Magnis. 2016. Filsafat Sebagai Ilmu Kritis (Edisi Elektronik). Yogyakarta: Kanisius Media.
Syafei, Fauzia Rozani. 2020. “Dasar-Dasar Filsafat.” In , 2. Padang: CV. Berkah Prima.
Syar’i, Ahmad. 2020. Filsafat Pendidikan Islam. Filsafat Pendidikan Islam. Palangka: CV. Narasi Nara.
Tarigan, Mardinal. 2022. “Perkembangan Ilmu Filsafat Di Dunia Pendidikan.” Jurnal Multidisiplin Dehasen 1 (3): 328.
Tarigan, Mardinal, Winda Khofifah, Novi Yanti, Sabila Kamalia, and Azura Azura. 2022. “Perkembangan Ilmu Filsafat Di Dunia Pendidikan.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1 (3): 330. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2596.
Unwakoly, S. 2022. “Berpikir Kritis Dalam Filsafat Ilmu: Kajian Dalam Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi.” Jurnal Filsafat Indonesia 5 (2): 100. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/42561%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/42561/22277.
Vårheim, Andreas, Roswitha Skare, and Noah Lenstra. 2019. “Examining Libraries as Public Sphere Institutions: Mapping Questions, Methods, Theories, Findings, and Research Gaps.” Library & Information Science Research 41 (2): 93–101. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2019.04.001.
Widodo, Sembodo Ardi. 2015. Pendidikan Dalam Perspektif Aliran-Aliran Filsafat. Yogyakarta: Idea Press.
Winda Trisnawati, Randi Eka Putra. 2022. “Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di-Era Revolusi Industri 5.0.” Jurnal Tunas Pendidikan 5 (1): 224. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.988.
Yuliansyah, H. 2015. “Makna Transendental Pada Foto Alam.” ATRAT: Jurnal Seni Rupa 3 (3): 203. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/369.
Zafri. 2018. “Analisis Makna Setiap Peristiwa Sejarah Melalui Penerapan Model Berstruktur.” Jurnal Historia 6 (2): 334.
Copyright (c) 2024 Bima Fandi Asy'arie, Zuhairi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).