PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS DDI BARU KABUPATEN POLEWALI MANDAR

  • Masripa Basri Mahasiswa Program Magister Prodi Pendidikan Agama Islam
    (ID)
  • Muhammad Ramli Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Musdalifah Musdalifah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Artikel ini menganalisis pengaruh kompetensi manajerial Kepala Madrasah terhadap hasil belajar peserta didik di MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar. Indikator dari kompetensi manajerial adalah kompetensi perencanaan dan pengorganisasia. Jenis Penelitian ini menggunakan ex-post facto dengan metode penelitian kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar berjumlah 84 orang dengan menggunkana stratified random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui regresi sederhana. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan kompetensi manajerial kepala madrasah berada pada kategori sedang dengan persentase 71%; dan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentase 57%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai X1 ke Y diperoleh Thitung = 4,449 Ttabel = 1.663, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap hasil belajar peserta didik di MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar.

References

Abdullah, Ma‘ruf, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015)
AI-Girl, Tan, Creativity: A Handbook for Teacher. (singapore: Worl Scientificed publishing, 2007)
Aisyah, Siti, Perkembangan Peserta Didik Dan Bimbingan Belajar. (Yogyakarta: Deepublish, 2015)
Akbar, Rhadiyah, ‘Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Di MTs DDI Alliritengae Maros.’ (Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2016)
Al-Mahalli, Jalaludun dan Jalaludin AS-Suyuthi, Tafsir Al-Jalalain. Juz 2 (Semarang: Usaha Keluarga, 2002)
Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014)
Amah, Nik, and Angga Dwi Nugroho, ‘PEMODERASI Nik Amah Angga Dwi Nugroho Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI MADIUN’, JABE: Journal Of Accounting And Business Education, 2.4 (2016), 1–12
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan Cet. XVII (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018)
Arfah, Minati, and Sambas Ali Muhidin, ‘Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Smk Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3.2 (2018), 42
Arifin, Khoiron, ‘Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Bani Hasan Tonawi Sukadana Selatan Kecamatan Sukadana Lampung Timur’, 2020
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
As’ad, Muhammad, Ely Anita, and Yulianto Yulianto, ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Pgri 11 Ciledug Pada Kota Tangerang Banten’, Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1.2 (2019), 149–57
Asmendri, ‘An Analysis Of Managerial Competence Of The Madrasah Principals In Islamic Senior High School In Tanah Datar’, Journal Al-TaLim, 25.1 (2018), 56
Asturi, Ratih Sri, ‘Efek Mediasi Paralel Disiplin Belajar Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi’, 2016
Bangsawan, Ridwan dan Indra, Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula (Jambi: Anugrerah Pratama Press, 2021)
Basyir, Hikmat, dkk, Tafsir Muyassar (Jakarta: Darul Haq, 2016)
Budyartati, Sri, Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Yogyakarta: Deepublish, 2014)
Bush, T, dan Glover, ‘School Leadership Models’, Jurnal Of Organizational Theory In Education., 34.5 (2014), 35–47
Chayani, Lia, and Januardi Januardi, ‘Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Pendopo Pali’, Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3.2 (2019), 249–58
Civciristov, Srgjan, Andrew M. Ellisdon, Ryan Suderman, Cindy K. Pon, Bronwyn A. Evans, Oded Kleifeld, and others, ‘EFEK MEDIASI PARALEL DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI’, Science Signaling, 11.551 (2014), 746–59
Damopolii, Muljono, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Makassar: Alauddin Press, 2013)
Danim, Sudarman, Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2016)
Daryanto, Administrasi Dan Manajemen Sekolah: Untuk Mahapeserta Didik, Guru, Peserta Kuliah Administrasi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indinesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2000)
Departemen Agama RI, Al-Quran Dan Terjemahannya (Semarang: PT. Toha Putra, 1997)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Cet. III No Title (Jakarta: Balai Pustaka, 2000)
Deri Firmansyah dan Dede, ‘Tekhnik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literatur Review’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1.2 (2002), 90
Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2003 Tentang Guru Dan Dosen (Jakarta: Departemen Agama R.I, 2007), h. 62
Djamarah, S. B., & Aswan, Z., Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Dolong, H.M. Jufri, ‘Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Kepala Sekolah’, JURNAL Uin Alaudin, VIII.2,juli (2019), 316–26
Dudung, Agus, ‘Kompetensi Profesional Guru” Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan’, Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5.1 (2018), 16
Effendy, Ek. Mohtar, Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam (Jakarta: Bhrata Karya Aksara, 2014)
Ermita, ‘Kontribusi Pemberian Insentif Non Materil Terhadap Semangat Kerja Guru SMA Negeri’, Jurnal Pakar Pendidikan, 6.1 (2010), 21
Fatimatuzahroh, Fitri, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 7.1 (2019), 48
Feralys Novauli. M, ‘Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh’, ..” Jurnal Administrasi Pendidikan, 1.3 (2015), 4–52
Feriyanto, Andri dan Endang Triana Shyta, Pengantar Manajemen (Kebumen: Mediatera, 2015)
Feyza Yudhistira, Aditiya Dwi Pangestu, Alif Akbar, Miftahul Hayatunnisa, Lusi Utari, Yoga Pratama, and others, ‘Fungsi Dan Pengaruh Visi Misi Pada Sebuah Organisasi SD Negeri 02 Pulau Besar’, OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3.3 (2023), 178–89
H Stronge, James et.al, Qualities of Effective Principals, (Alexandria: The Association for supervision and curriculum development, 2013)
Hafidz-Al-, Zuhair Imad, Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah. Jilid III (Jakarta: Insan Kamil, 2017)
Hartini, Sri, ‘Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi Di SDN Karangpucung 04 Dan SDN Karangpuan 05 Kabupaten Cilacap’, Jurnal Of Education Management and Administration Review, 3.1 (2019), 2019
Hastinigrum, Intan, ‘Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Membina Profesional Guru Ipa’, Jurnal Manajer Pendidikan, 5.10 (2016), 483
Hendarman., Revolusi Kinerja Kepala Sekolah (Jakarta: PT: Indeks, 2015)
Husna, A., Profesi Kependidikan (Bandung: Alfabeta, 2015)
Al Imam Jalaluddin Muhammad bin Ahmad, Tafsir Jalalain (Surabaya: PT. eLBA Fitrah Mandiri Sejahtera, 2015)
Indonesia, Kementerian Agama Republik Bimbingan Masyarakar Islam Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Al-Quran Dan Terjemahnya (Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012)
Indonesia, PP Pemerintah Republik, ‘PP No 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan’, Lembaran Negara RI, 1, 2015, 1–5
Indonesia, Republik, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, h. 63
Iskandar, Dian, ‘Implementasi Kompeteni Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Of Management Review, 2.3 (2018), 265
Izzan, Ahmad & Saehuddin, Hadits Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadits (Bandung: Humaniora, 2016)
Kartilawati & Warohmah, ‘Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi’, Jurnal Pendidikan Islam, 19.1 (2014), 143–68
Kartini, Kartono, Pemimpin Dan Kepemimpinan (Jakarta: PT. Raja Garafindo Perkasa, 2010)
Kompri, Standarisasi Kompotensi Kepala Sekolah, Pendekatan Teori Dan Praktik Profesional (Jakarta: Kencana, 2017)
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sartifikasi Guru (Jakarta: Grafindo Persada, 2013)
Ma’mur Asmani, Jamal, Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Cet. 1 (Yogyakarta: Diva Press, 2012)
Machali, Imam & Didin Kurniadin, Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2013)
Maidiana, and Maya Sari, ‘Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen’, ALACRITY : Journal Of Education, 1.1 (2021), 87–94
Majid, Penilaian AutentikProses Dan Hasil Belajar (Bandung: Remaja Rosadakaya, 2013)
Mansur, Nurdin, ‘Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahapeserta Didik’, Antanida Journal, 4.2 (2017), 118–27
Minuchin, ‘Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, 4 (2003), 147–73
Mudlofir, Ali, Desain Pembelajaran Inovatif (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2017)
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi Dan Implementasi (Bandung: PT. Remaja Rosadakarya., 2011)
———, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: PT. Remaja Rosadakarya Cet. III, 2006)
———, Pengembangan Dan Implemenasi Kurikulum (Bandung: PT. Remaja Rosadakarya., 2013)
Murtao, Dodo dkk, Manajemen Dalam Perspektif AL –Qur’an Dan Hadits (Bandung: Yrama Widya, 2019)
MZ, Ahmad Zeky Efendi, ‘Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Smk Pgri 2 Ponorogo)’, 2018
N.P.A.P. Paramita, N.M. Pujani, and L.M. Priyanka, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11.1 (2023), 10–19
Naraya, Anjani Fitri danfebriana Dafit, ‘Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar’, Nazzama: Journal of Management Education, 2.1 (2022), 27–43
Nata, Abudin, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Prenada Media Group, 2012)
Nurhendrar, Siti, ‘PERMENDIKANS No.13 Tahun 2007Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah’, Revista Brasileira de Ergonomia, 9.2 (2007), 10
Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, (Jakarta: PT. Grasindo, 2003)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No 16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, h. 2
Popi, Sopiatin, Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010)
Pramono, Ari Agung, Model Kepemimpinan Kiai Pesantren Ala Gusdur (Yogyakarta: Pustaka Ilmu Grup, 2017)
Priansa, Donni Juni dan Rismi Somad, Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Bandung: Alfabeta, 2014)
Priansa, Doni Juni dan Rismi Somad, Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Bandung: Alfabeta, 2014)
Pujasari, Yayah, ‘Hubungan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Mengajar’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 1.2 (2017), 1–12
Pujiharti, Endang Sih, ‘Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Smp Ar-Rohmah Boarding School Dau Kabupaten Malang’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2022), 19–36
Purwanto, Ngalim, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosadakaya, 2014)
Putri, Agi Maehesa, and Uung Runalan Soedarmo, ‘Peningkatan Mutu Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah’, Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2.2 (2018), 1–6
Ramli, Muhammad, Manajemen Strategik Sektor Publik (Makassar: Alauddin University press, 2017)
Robbins, tephen R., Perilaku Organisasi Jilid II, Terjemahan Tim Indeks (Jakarta: Ineka gramedia, 2013)
Rukminingsih, Gunawan Adnan, dan Mohamad Adnan Latief, Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif Dan Penelitian Tindakan Kelas) (Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020)
Rusyan, Cece Wijaya dan A.Tabrani, Kemampuan Dasar Guru Dalam. Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
Rusyan, Tabrani, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Karya, 2000)
S.Shoimatul Ula, Revolusi Belajar (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Sabri, Alisuf, Mimbar Agama Dan Budaya (Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IAIN, 1992)
Sallis, Edward, Total Quality Management In Education, (Yogyakarta: IRCiSod, 2012)
Shihab, M. Quraish Shihab, Membumikan Al Qur’an (Bandung: Mizan, 1997)
Shihab, M. Quraisy, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Daan Keserasian Al-Quran (Jakarta: Lentera Hati, 2017)
Shulhan, Muwahid, ‘Model Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’, 2013
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya (Jakarta: Cipta, 2015)
Sofan Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas (Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2012)
Sudiman A.M., Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar (Jakarta: Grafindo Persada, 2020)
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung (PT. remaja Rosadakarya., 2012)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017)
Sugono, Dendy, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008)
Sulaiman Saat dan Sitti Mania, Pengantar Metodologi Penelitian (Gowa: Pusaka Almaida, 2019)
Supriadi, Eddy, ‘Kontribusi Kepememimpinan Kepala Madrasah, Kemampuan Kerja Guru Dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik MTs Negeri Jakarta Selatan’, Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1.2 (2016), 14
Suryani, Erni, Abdul Mujib, and Sardjijo, ‘Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Swasta Kota Batam’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 8.2 (2021), 239–49
Suryanto, Edy, Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Kajian Teoritik Dan Budaya (Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2019)
Suwantana, I Gede, ‘DI PERGURUAN TINGGI ( Perspektif Filsafat Hindu )’, 2013
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung: Remaja Rosadakaya, 2000)
Terry, George R., Prinsip-Prinsip Manajemen (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)
Tohrin, Psikologi Pembelajaran Agama Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014)
Triyana, Erva, ‘Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( Kbk ) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Subah’, 2005
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tentang KetenagaKerjaan, Tahun 2003, h. 2.
Wahyudi, Ahmad, Sabar Narimo, and Wafroturohmah, ‘Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal VARIDIKA, 31.2 (2020), 47–55
Wahyudi, Imam, Panduan Lemgkap Uji Sertifikasi Guru (Jakarta: Prestasi Putrakarya, 2012)
Wayan Koster, Teori Dan Aplikasi Statistika Dan Probabilitas, Remaja Rosdakarya (Bandung.: Remaja Rosdakarya, 2001)
Wibowo, Arief, Manajemen Perubahan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)
Wicahyaningtyas, Maharani, ‘Controling Dalam Perspektif Al Qur’an Dan Al Hadits’, Al-Idaroh’, Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6.1 (2022), 30–47
Yusuf, Suhirman dan, Penelitian Kuantitatif (Sebuah Panduan Praktis) (Mataram: CV Sanabil, 2019)
Published
2024-12-28
How to Cite
Basri, M., Ramli, M., & Musdalifah, M. (2024). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS DDI BARU KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Jurnal Diskursus Islam, 12(3), 399-430. https://doi.org/10.24252/jdi.v12i3.50648
Abstract viewed = 8 times