BENTUK PENERAPAN PEMBINAAN STRATEGI TAHSĪN AL-QIRĀAH PADA KEMAMPUAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER VIII DI STAI DDI JENEPONTO TAHUN 2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penerapan strategi tahsīn al-qirāah dalam pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII di STAI DDI Jeneponto Tahun 2023. Jenis riset ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penulis secara khusus menggunakan pendekatan fenomenologi yang berkaitan langsung dengan fenomena yang terjadi, peneliti mengidentifikasi pengalaman manusia mengenai suatu fenomena tertentu, maka dari proses ini peneliti mendeskripsikan gejala yang berasal dari pengalaman-pengalaman subjek. Selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan psikologis. Adapun instrument kunci adalah peneliti itu sendiri sebagai. Teknk pengolahan data dan analisis data yang digunakan pada penelitiam ini adalah 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah 1) Ketekunan pengamatan, 2) Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi tahsīn al-qirāah dilaksanakan pada saat mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII tahun 2023 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Setiap posko KKN sudah disiapkan pembimbing tahsīn al-qirāah yang akan membina mahasiswa dalam memperbaiki bacaan al-Qur’annya. Kegiatan tahsīn al-qirāah tidak mengganggu program kerja yang telah direncakan oleh para mahasiswa karena kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan pada waktu subuh. Implikasi penelitian ini dapat dinarasikan bahwa dosen STAI DDI Jeneponto harus memaksimalkan pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam. Proses pembinaan tahsīn al-qirāah harus dilakukan secara sadar dan terarah sehingga tujuan pembinaan dapat tercapai
References
Abdur Rauf, Abdul Aziz, Pedoman Daurah Al-Qur’an (Jakarta: Markas Al-Qur’an, 2014)
Ahmad, Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Dan Ilmu Tajwid (Jakarta: Pustaka Al-Kausar, 2022)
Ainun Mardhiah, Sulaiman W., and Nurbaiti, ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Alquran Dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud Bagi Siswa Kelas VI SDN 6 Kualasimpang’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (2022), 2282–95
Ali, Rahmadi, ‘Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Mmbaca Al Quran Siswa SDIT Bunayya Medan’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2.1 (2018), 179–86
Al-Qur,an dan Terjemahan https://quran.kemenag.go.id/
Bahrir, ‘Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Keagamaan Siswa Smk Negeri 1 Galang’, Journal of Chemical Information and Modeling (PPs UIN Alauddin, 2019)
Baqir Hakim, M, Ulumul Qur’an (Jakarta: Al-Huda, 2006)
Della Indah Fitriani, and Fitroh Hayati, ‘Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5.1 (2020), 15–30 https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227
Dept, Team, Tahsin Tilawah (Bandung: Maqdiss Perss, 2003)
Hidayah, Rofiah Nur, Iffah Mukhlisah, and Yetty Faridatul Ulfah, ‘Implementasi Metode Tahsin Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Sukoharjo’, Mamba’ul ’Ulum, 19.1 (2023), 47–58
hin, Cut Nya, ‘Efektifitas Strategi Reading a Load Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9.1 (2019), 97–107
Kholidah, Cicik Norma, ‘Sistem Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kelemahan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Yang Berdomisili Di Rumah’ (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020)
M. Hasby Ash-Shiddieqy, Sejarah Dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (Jakarta: Bulan Bintang, 1987)
Marzuki, Sun Choirul Ummah, Dasar-Dasar Ilmu Tajwid, ed. by Yanuar Arifin (Yogyakarta: DIVA Press, 2021)
Mernawati, ‘Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Mts Pondok Pesantren Nahdatul Ulama Kabupaten Maros’, Tesis, 2011, 12
Muzammil, Ahmad, Panduan Tahsin (Tangerang: Ma’had Al-Qur’an Nurul Hikmah, 2014)
Nailusysyifa., Ahmad Syaiful Anam dan Amalia Mu‟minah, Pengantar Ilmu Tahsin (Surakarta: Yuma Pustaka, 2013)
Nailusysyifa., Ahmad Syaiful Anam dan Amalia Mu‟minah, Pengantar Ilmu Tahsin (Surakarta: Yuma Pustaka, 2013)
Nasution, Muliani, ‘Efektifitas Metode Pembelajaran Tahsin Al- Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al - Qur’an Pada Mahasiswa/i Akper Malahayati Medan.’, Jurnal Ilmiah Simantek, 6.3 (2022), 93–98
Raden, U I N, and Fatah Palembang, ‘Aplikasi Metode Tahsin Untuk Belajar Al- Qur ’ an Dalam Pendampingan Kelompok Perempuan Di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir’, 9 (2020), 59–70
Rosita, Martiya, and Dkk, ‘KORELASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN QIRA’AH SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA ISLAM AL-FALAHKOTA JAMBI’, PENDIDIKAN BAHASA ARAB, 214029 (2018), 5
Rosita, Martiya, and Dkk, ‘KORELASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN QIRA’AH SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA ISLAM AL-FALAHKOTA JAMBI’, PENDIDIKAN BAHASA ARAB, 214029 (2018), 5
Setiawan, Ebta, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia’, Digital Ocean, 2023
Slametto, Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (Jakarta: Bumi Aksara, 2001)
Team, KreasiAds, ‘Penjelasan Lengkap Tahsinul Qiraah’, Annajah, 2022
Zoni Joni, Dkk, ‘Strategi Guru Agama Desa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Warga Desa’, JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3 (2020)
INFORMAN
M. Fathul El Rahman Awing, (39 tahun ), Dosen Pembina Tahsīn Al-qirāah, wawacara, 10 Januari 2024
Abdullah Al Muzakkir (23 tahun), Mahasiswa Pembina Tahsīn Al-qirāah Posko KKN Mallasoro, wawancara langsung, 19 Januari 2024.
Musdalifah (23 tahun ), Mahasiswa Pembimbing Tahsīn Al-qirāah Posko Parangboddong Desa Bulusuka Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, Wawancara langsung, 16 Maret 2024
Masyita (23 tahun ), Mahasiswa Pembimbing Tahsīn Al-qirāah Posko Rappolembang Kabupaten Gowa, Wawancara langsung, 17 Maret 2024
Copyright (c) 2024 Nursanti, Hamka Ilyas, Muhammad Yahya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).