PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIIPADA MTs PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQAA BENTENG

  • Humaerah Humaerah Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sulaiman Saat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yusuf, T Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII pada MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa, Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini didesain dengan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa yang berjumlah 223 orang, dengan pengambilan sampel peserta didik hanya 30 orang dengan teknik stratified random sample (pengambilan sampel acak bertingkat). Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner(angket) dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriktif dan analisis  inferensial regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 21.

Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriktif bahwa penerapan pembelajaran jigsaw kelas VII MTs diperoleh nilai rata-rata 27.90 dengan standar deviasi 5,074, dan  skor tertinggi 36, serta  skor terendah 15 dan untuk pemahaman fiqih peserta didik  pada saat penerapan pembelajan jigsaw di kelas VII MTs diperoleh nilai rata-rata 78,63 dengan standar deviasi 0,490 dan nilai tertinggi 79 serta nilai terendah 78. Adapun hasil uji analisis korelasi hipotesis diperoleh sig= 0136 > a = 0,05, maka Ho diterima, artinya hipotesis tidak terbukti yaitu tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII MTs. pada MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang.

References

Afandi, dkk. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Cet. I; Semarang: Unissula Press, 2013.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2014.

Djamaluddin dan Ahdar, Strategi Belajar Mengajar. Cet. III; Makassar: Gunadarma Ilmu, 2013.

Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Cet. IV; Bandung: Refika Aditama, 2014.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajara. Cet. VI; Bandemaja Rosdakarya, 2015.

M. Nafiur Rofiq, “Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam” Jurnal Falasifa Volume 1 No. 1 (2010).

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran: Sesuai Kurikulim 2013. Cet. I; Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Nur Hafizah Azmin, “Effect of the Jigsaw-Based Cooperative Learning Method on Student Performance in the General Certificate of Education Advanced-Level (Psychology: An Exploratory Brunei Case Study)” Jurnal International Education Studies Volume 9 No. 1 ISSN: 1913-9020 2016.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi ke dua. Cet. VI; Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain: Sistem Pembelajaran. Cet. VII; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPPS Versi 17. Cet. 2; Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning: Tehory, Risearch and Practice, terj. Narulita, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Cet. XV; Bandung: Media, 2008.

Sugianto, dkk.,, “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMA” Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1 ISSN: 2355-4185 Tahun 2014.

Syahwil Nasution, dkk., 2016. “Eefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Choukai III (Penelitian Eksperimen Terhadap Mahasiswa Bahasa JepangTingkat II Tahun Ajaran 2016/2017 FKIP Universitas Riau)” Skripsi. Riau: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Published
2016-12-31
How to Cite
Humaerah, H., Saat, S., & Yusuf, T, M. (2016). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIIPADA MTs PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQAA BENTENG. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 565-579. https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7436
Section
Artikel
Abstract viewed = 389 times