UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH IBTIDAIYAH LINGKUP KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAROS

  • Salmah Salmah
    (ID)
  • st. Azizah Azizah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pokok masalah yang dibahas pada penelitian ini tentang Upaya guru dalam mengatasi problem Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Madrasah Ibtidaiyah Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan naturalistik dan pendekatan pengamatan berperan serta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dokumentasi Adapun teknik pengolahan dan analisis data, yaitu: keseluruhan data yang terkumpul dianalisis sepanjang proses pengumpulan data dilapangan berlangsung hingga data yang dikehendaki sudah dianggap lengkap, kemudian dilanjutkan dengan membuat catatan hasil temuan ke dalam buku catatan lapangan, data tersebut diklarifikasi sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, kemudian diberi pengkodean dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi problem budaya membaca yang masih rendah, antara lain guru melakukan inovasi dan strategi bagaimana caranya agar peserta didik tersebut bisa mencintai buku. Ada beberapa kiat yang harus dilakukan guru dalam menghadapi siswa-siswi yang minat bacanya rendah, antara lain: a) pemilihan buku yang tepat, b) ciptakan suasana yang nyaman, c) menempelkan slogan atau stiker yang memotivasi anak untuk giat membaca, d) sharing, dan e) membimbing siswa bagaimana caranya membaca yang baik.  2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problem kurangnya penguasaan teknologi informasi, antara lain: a)..melakukan pelatihan secara berkala tentang penggunaan teknologi informasi.: b.) membiasakan diri bersentuhan dengan alat-alat elektronik terutama laptop terkait dengan materi pembelajaran, c) selalu menggunakan waktu luang untuk mencari informasi pembelajaran lewat alat elektronik dan d) mengikis sifat jenuh dalam diri untuk senantiasa berkembang dan berwawasan luas

References

Fadlillah, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA, Cet: I; Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014

Sani, Ridwan Abdullah, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Cet: I; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014

Sumber: Dokumen Perangkat Administrasi Guru

Sumber: Dokumen Perangkat Guru

Sumber: Hasil Observasi

Sumber: Hasil Observasi

https://rizaalfarid. Blogspot. com

Takisarief. Blogspot. Co. Id/2014/01/telaah-kritis-kurikulum.2013.html

Published
2015-12-31
How to Cite
Salmah, S., Azizah, st. A., & Maulana, A. (2015). UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH IBTIDAIYAH LINGKUP KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MAROS. Jurnal Diskursus Islam, 3(3), 415-428. https://doi.org/10.24252/jdi.v3i3.7442
Section
Artikel
Abstract viewed = 238 times