KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 MODEL MAKASSAR
Abstract
Tulisan ini membahas tentang kompetensi guru aqidah akhlak di MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sifat penelitihan ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Model Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN 2 Model Makassar yaitu sebanyak 1150 orang. Dalam penelitian ini penulis mengambil 10% dari jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 120 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru aqidah akhlak di MAN 2 Model Makassar tergolong baik yaitu sebanyak 57 orang atau 47,5% responden menyatakan sangat baik, 59 orang atau 49,17% responden menyatakan baik, 4 orang atau 3,33 % menyatakan kurang baik dan tidak satu pun responden menyatakan tidak baik.References
Barnadib, Sutari Imam, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: Sumbangsih Offset, 1989.
Danim, Sudarwan, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2010.
Fajar, A. Malik, Platform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jakarta: PT.Logos Wacana Ilmu, 1999.
Irawan, Prasetya, Evaluasi Proses Belajar Mengajar, Cet.I; Jakarta: PAU-PAI, Universitas Terbuka, 2001.
Kementerian Agama, Kebijakan Kementerian Agama dalam Peningkatan Mutu Madrasah di Indonesia Jakarta: Ditjen Penais Departemen Agama, 2008.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Disekolah Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Mustofa, Abdullah. A., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Untuk Fakultas Tarbiyah Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999.
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2001.
Payong, Marselus R., Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya, Jakarta: PT Indeks, 2011.
Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Rusd, Abidin Ibnu, Pemikiran Al Ghazali tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Sagala, Saiful, Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
Suderajat, Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK Bandung; Cipta Cekas Grafika, 2005.
Tim Penyusun Kamus Pusat dan Pengembangan Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta :Balai Pustaka, 1990.
Trianto,dkk. Tinjauan Yuridis Hak serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006.
Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional
Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 pasal 3, tentang UU Guru dan Dosen
Usman, Moch. Uzer, Menjadi Guru Profesional Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Vembrianto, St., Kamus Pendidikan, Jakarta: Grassindo, 1994.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).