KETERAMPILAN MEMBACA DAN TEKNIK PENGEMBANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstrak
مهارة القراءة هي القدرة اللغوية لدى الطلاب فى الفهم ما ورد من الكتابة بدقة وطلاقة. فمعلموا اللغة العربية يحتاجون إلى النظر في عدة أشياء قبل تدريسهم القراءة لإنشاء مهارة القراءة جيدة وسهلة وفعالة، وهي: أ. الغرض من تعلم القراءة، ب. الاستراتيجيات التعليمية، ج. الوسائل فى تعلم القراءة، ود. طريقة التعلم للقراءة. أما القدرة التي يجب أن توضع في المتعلم هي الجودة من الرموز المكتوبة. هناك ثلاثة عناصر يجب النظر فيها وتطويرها في القراءة وهي الكلمات، والجمل، الفقرات. هو ثلاثة لها دور هام في دعم معنى المادة، ومعرفة فهم الطلاب لهاKemahiran (keterampilan) membaca adalah suatu kemampuan berbahasa yang dimiliki seseorang dalam melihat dan memahami makna yang terkandung dalam sebuah tulisan dengan terampil, tepat, dan fasih. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru bahasa Arab dalam pembelajaran qira>ah untuk menciptakan maharah al-qirā`ah dengan baik, mudah dan tepat sasaran, adalah: a. Tujuan pembelajaran qirā`ah, b. Strategi pembelajaran qirā`ah, c. Media pembelajaran qirā`ah, dan d. Metode pembelajaran qira>ah. Kemampuan yang harus dikembangkan dalam diri pelajar adalah kemahiran mengenai simbol-simbol tertulis. Ada tiga unsur yang harus diperhatikan dan dikembangkan dalam pelajaran qira`ah yaitu kata, kalimat, paragrap. Ketiganya berperan sangat penting dalam mendukung makna suatu bahan bacan, dan untuk mengetahui pemahaman murid tentang sesuatu bacaan.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran Cet. II ; Jakarta : Pustaka Pelajar , 2004.
Fahmi, AH. Akrom Ilmu Nahwu dan Sharaf (Tata Bahasa Arab) Praktis dan Aplikatif . Cet. I II ; Jakarta : PT. Raja Grafindo, 2003.
Gala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran . Bandung: Alfabeta, 2005.
Hafizh, Mahmud Faraj. Abd. dkk, Muzakkirat al-Dirasah al-Tarbawiyah. t.c; t.tp: 1412 H.
Http:// Ahsan Blogdetik. Com/2008/12/28/Pemamfaatan Internet dalam Pembelajaran Bahasa Arab ( 25 Maret 2009).
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Cet. I; Bandung: Humaniora, 2004.
Al-Khuli, Muhammad Ali. Asalib Tadris al-Lughah al-Arabiyyah. (Riyadh: al-Mamlakah al-Arabiyyah al-Su’udiyyah, 1982
Ma’ruf, Nāyif Mahmud. Khasāis} al-‘Arabiyyah wa Tārāiq Tadrisiha (Cet. IV; Beirut-Libnan: Dār al-Nafais, 1412 H/1991 M.), h. 88-90.
Makruf, Imam. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Cet. I; Semarang: 2009)
Malibary A. Akrom. L.A.S. et. al. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Jakarta: Proyek Pengembangan Sistim Pendidikan Agama Depag RI, 1976.
Marwati, “Metode Pengajaran Qiraah”, Jurnal Adabiyah, Vo. 11 Nomor 1/2011.
Mu`in, Abdul. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2004.
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir:Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.
Abd Rahman, Anwar. “Pengajaran Bahasa Arab dengan Metode Eklektik”, Jurnal Adabiyah, Vol. 11 Nomor 1/2011
Salim, Ahmad. al-Wasāîl al-Ta`liymiyyah fi Ta`liym al-Lughah, Jakarta: t.p.,1987.
Tarigan, Henry Guntur. Membaca ; Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Ed, Revisi. Cet. I; Bandung: Angkasa Bandung, 2008.
Tim Penyusun, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Departemen Agama, 1976