Menyorot Relasi Luas Lahan, Harga Jual, Hasil Produksi, dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Petani Padi

  • siti aisyah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Asriani Yunus UIN Alauddin Makassar

Abstract

Petani diperhadapkan dengan berbagai permasalahan, yang terus menggerus pendapatan mereka dari waktu ke waktu. Ketika masa panen telah tiba, hasil produksi padi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan para petani. Semakin berkurangnya lahan pertanian yang disebabkan banyaknya alih fungsi lahan, akibat pembangunan perumahan, pendapatan yang diperoleh petani tidak menentu sedangkan pengeluaran mereka semakin meningkat dari hari ke hari. Selain itu, pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi dan produksi padi yang dihasilkan tidak menentu, serta melaratnya petani dalam hal pembiayaan pertanian yang membuat petani terlibat hutang.  Persoalan-persoalan itu menjadi, tantangan besar bagi penghidupan petani saat ini. Tujuan          penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh luas lahan, harga jual, hasil produksi, dan biaya produksi terhadap tingkat pendapatan petani padi di Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jenis penelitian yaitu kuantitatif explanatory method, dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel luas lahan, harga jual, hasil produksi, dan biaya produksi berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pendapatan petani. Dan secara parsial luas lahan dan harga jual, serta hasil produksi berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pendapatan petani. Sedangkan biaya produksi secara parsial berpengaruh positif dan berhubungan negatif terhadap pendapatan petani. Untuk meningkatkan produksi bagi petani, dari pihak pemerintah ataupun swasta harus mengarahkan petani dalam hal pemasaran hasil panen yang diperoleh serta cara penggunaan teknologi dibidang produksi, seperti penggunaan bibit unggul baik itu secara kualitas maupun kuantitas.

Kata Kunci: Pendapatan, Luas Lahan, Harga, dan Produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvio G, Onibala, Mex L. Sondakh, Rine Kaunang, dan Juliana, Mandei. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah Di Kelurahan Koya, Kecamatan Tondano Selatan. Jurnal Studi Ekonomi Pembangunan.

Badan Pusat Statisik Kabupaten Wajo. 2018. Wajo.

Bustos, P., Caprettini, B., & Ponticelli, J. 2016. Agricultural Productivity and Structural Transformation: Evidence from Brazil. American Economic Review.

Dominick, Salvatore. 2008. Mikro Ekonomi Edisi Keempat, Jakarta: Erlangga.

Anwar, A.F. and Nursini, N., 2018. Mengungkap Penghidupan Petani Miskin Pedesaan; Sebuah Kajian Sosial Ekonomi. EcceS (Economics, Social, and Development Studies), 5(1), pp.1-21.

Gollin, Douglas, Stephen Parente, and Richard Rogerson. 2002. The Role of Agriculture in Development. American Economic Review.

Gregory Mankiw. 2007. Makro Ekonomi, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kongsamut, Piyabha, Sergio Rebelo, and Danyang Xie. 2001. Beyond Balanced Growth.”Review of Economic Studies.

M. L. Jhingan. 2012. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan Edisi 1, Jakarta: Rajawali Pers.

Mowen, Hansen. 2004. Manajemen Biaya. Edisi Bahasa Indonesia. Buku Kedua, Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad Teguh. 2009. Ekonomi Industri, Jakarta, PT.Grafindo Persada.

Mulyati, Hesti. 2014. Analisis Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah Desa Jono Oge Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, Jurnal Agribisnis.

Murphy, Kevin M., Andrei Shleifer, and Robert Vishny. 1989. Income Distribution, Market Size, and Industrialization. Quarterly Journal of Economics.

Nurkse, Ragnar. 1953. Problems of Capital Formation in Underdeveloped Countries. Oxford: Basil Blackwell.

Puguh, Apriadi. 2015. Analis Pengaruh Modal, Jumlah Hari Kerja, Luas Lahan, Pelatihan, Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Petani Padi Dikecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Studi Ekonomi Pebangunan

Rahim. 2007.Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori dan Kasus), Jakarta. Penebar Swadaya.

Rostow, W. W. 1960. The Stages of Economic Growth: A Non Communist Manifesto. London: Cambridge University Press.

Sakirno, Sadono. 2013. Mikro Ekonomi : teori pengantar edisi ketiga, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Schultz, Theodore W. 1953. The Economic Organization of Agriculture. New York: Mc Graw-Hill.

Silvira, Hasman dan Fauzia. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah (Studi Kasus: Desa Medang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara.

Soekartawi. 2003. Prinsip Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudantoko, D dan Hamdani.2009. Dasar-Dasar Ekonomi Pembangunan Edisi Pertama. Jakarta.

Suratiyah, Ken. 2006. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya : Jakarta.

Suryana dkk. 2001. Bunga Rampai Ekonomi, Jakarta, LPEM-FEUI.

Todaro. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Jakarta, Erlangga.

Published
2019-12-16
How to Cite
aisyah, siti, & Yunus, A. (2019). Menyorot Relasi Luas Lahan, Harga Jual, Hasil Produksi, dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Petani Padi. EcceS: Economics Social and Development Studies, 6(2), 152-170. https://doi.org/10.24252/ecc.v6i2.10777
Section
Volume 6 Nomor 2, Desember 2019
Abstract viewed = 958 times