ANALISIS STRATEGI SOSIALISASI PASAR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL

  • Dwi Sulastyawati STAIN Curup Bengkulu
    (ID)
  • Noprizal Noprizal STAIN Curup Bengkulu
    (ID)
  • Oka Kurniawan STAIN Curup Bengkulu
    (ID)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini  ialah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan antara variabel strategi sosialisasi pasar modal dan keputusan masyarakat berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sumber data utama dari penelitian ini bersumber dari angket penelitian yang telah di isi oleh responden. Selain itu data juga didapat dari studi kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini.

Temuan dari penelitian ini antara lain: (1) Terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui seminar pasar modal berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi di pasar modal. (2) Tidak  terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui kampanye “Yuk Nabung Saham” berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi. (3) Tidak  terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antarasosialisasi dan edukasi pasar modal melalui permainan Stocklab tidak  berpengaruh terhadap keputusan responden untuk berinvestasi. (4) Terdapat hubungan yang cukup siginifikan secara simultan antara variabel strategi sosialisasi dan edukasi pasar modal terhadap keputusan masyarakat berinvestasti di pasar modal.

Kata kunci: Strategi Sosialisasi, Pasar Modal, Keputusan Berinvestasi, Edukasi Pasar Modal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisetiawan, R dan Yunan Surono. 2017. Indonesian Capital Market Efficiency, British Journal of Economics, Finance and Management Science

Creswell, Jhon W. 2010. Research Design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Terjemahan Achmad Fawaid, Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah.

Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 32/DSN-MUI/IV/2002 Obligasi Syariah.

Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 40/DSN-MUI/X/2003 tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal.

Hariady, Edy. 2013. Analisis Pengaruh Sikap, Norma, Kontrol dan Preferensi Risiko Terhadap Minat Wanita Berinvestasi di Reksadana, Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana.

Justa, Abrizen. 2017. Analisis Strategi PT. Bursa Efek Indonesia, Al-Masraf Universitas Andalas, Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan.

Khotimah, Husnul dkk.. 2015. Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok), Jurnal Politeknik Negeri Jakarta.

Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0), Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Albert. 2017. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0), Bandung: Alfabeta.

Kusmawati. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat, Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS)

Mardani, Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, (Jakarta: Kencana, 2015

Martono dan Agus Harjito, 2010, Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Martono,Nanang,Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder) Edisi Revisi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Mudjiono, Investasi dalam Saham dan Obligasi dan Meminimalisasi Risiko Sekurita Pada Pasar Modal Indonesia, Jurnal STIE Semarang Vol 4 No 2 hlm 2-3, 2012 (ISSN 2252-7826)

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Mulyadi, 2006, Akuntansi Manajemen, Jakarta: Diadit Media.

Peraturan Bapepam LK No. IX.A 13 tentang Penerbitan Efek Syariah.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 13) tentang Investasi Properti

Pradja, Juhaya S., 2012, Lembaga Keuangan Syariah., Suatu Kajian Teoritis Praktis,Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung, Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi), (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008)

Rakhimsyah, Leli Amnah dan Barbara Gunawan, 2011, Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Kebijakan Deviden, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Investasi.

S. Pradja , Juhaya, Lembaga Keuangan Syariah., Suatu Kajian Teoritis Praktis (Bandung: CV Pustaka Setia, 2012)

Santosa, Antonius Heru dan Aris Budi Setiawan, Analisis Risiko Investasi Saham Pada Sektor Properti di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2008, Jurnal Universitas Gunadarma 2009

Santoso, Singgih,2010, Statistik Parametik: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Jakarta: PT ELex Media Komputindo.

sikapiuangmu.ojk.go.id

Soemitra, Andri, 2009, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana.

Statistik Mingguan Pasar Modal Minggu ke-3 Juli 2017

Stocklab.co.id, di akses terakhir pada tanggal 03 Aril 2017 pukul 22.01 WIB

Sugiyono, Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, (Bandung: Penerbi Alfabeta, 2013)

Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafida, Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar), (Bandung, ALfabarta, 2012)

Widiyanto,Mikha Agus,Statistika Terapan: Konsep dan Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013)

Widoyoko, Eko Putro, 2012,Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Yusuf, Muri, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Padang.

Published
2018-02-25
How to Cite
Sulastyawati, D., Noprizal, N., & Kurniawan, O. (2018). ANALISIS STRATEGI SOSIALISASI PASAR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL. EcceS: Economics Social and Development Studies, 4(2), 103-127. https://doi.org/10.24252/ecc.v4i2.4422
Section
Volume 4 Nomor 2, Desember 2017
Abstract viewed = 2548 times