PENGARUH CAPITAL ASSET DAN NON-CAPITAL ASSET TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN DI DESA SALAJANGKI, KABUPATEN GOWA

  • Sukrin Sukrin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Faisal Anwar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Dusun Pamandongan Desa Salajangki merupakan satu-satunya Desa yang memiliki pesisir pantai yang ada di Kabupaten Gowa.  Permasalahan yang di hadapi nelayan di Dusun Pamandongan ini yaitu pendapatan nelayan yang rendah dan  tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh capital asset yakni modal, pengalaman, teknologi dan factor non-capital asset seperti jumlah tanggungan dan jarak tempuh terhadap tingkat pendapatan nelayan. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel capital asset maupun non-capital asset yakni modal, pengalaman, teknologi, jumlah tanggungan dan jarak tempuh secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan nelayan, sedangkan secara parsial bahwa variabel modal pengalaman, teknologi, dan jarak tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan nelayan. Variable jumlah tanggungan, nampaknya berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pendapatan nelayan.

Kata kunci: Pendapatan Nelayan, Modal, Pengalaman, Teknologi, Jumlah Tanggungan, Jarak Tempuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalia, Nuratul. 2016. Pengaruh Modal Kerja, Pengalaman, Teknologi, Jarak Tempuh Dan Pendidikan Terhadap Tingkat Pendapatan Nelayan Di Desa Aeng Batu-Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. (Skripsi tahun 2016).

Dahuri, Rokhmin. 2014. Membangun Kelautan dan Perikanan Jakarta: Pradnya Paramita.

Mankiw, Gregory. 2007. Makro Ekonomi Jakarta:Penerbit Erlangga.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional dalam Teori dan Aplikasi Jakarta: Bumi Aksara.

How to Cite
Sukrin, S., & Anwar, A. F. (1). PENGARUH CAPITAL ASSET DAN NON-CAPITAL ASSET TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN DI DESA SALAJANGKI, KABUPATEN GOWA. EcceS: Economics Social and Development Studies, 4(2), 143-148. https://doi.org/10.24252/ecc.v4i2.4430
Section
Volume 4 Nomor 2, Desember 2017
Abstract viewed = 290 times