PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN VS KINERJA GURU: SEBUAH TINJAUAN UMUM

  • Ermi Sola SINTA ID : 6201805, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract: Principles of Education Management VS Teacher Performance Management: an Overview

The quality of education in each school is different. This happens because of different managerial strategies in managing school resources. Educational management is a series of activities carried out by a group of people who are members of educational organizations, to achieve predetermined educational goals, by utilizing existing resources and using management functions to achieve goals effectively and efficiently. The quality of the education and learning process can be viewed from two aspects, namely the quality of the components and the quality of school management. Although the supporting components such as the availability of adequate facilities and infrastructure, and sufficient funds, if they are not managed "well" and "properly" according to the education and teaching program (school program) that has been established, it can be ascertained that the objectives of education and teaching will not will be achieved effectively. For this reason, management principles are important instruments that can reveal the extent of the success or failure of teachers in achieving learning objectives and school programs.

 

Abstrak: Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan VS Kinerja Guru: Sebuah Tinjauan Umum

Kualitas pendidikan tiap sekolah berbeda-beda. Hal ini terjadi karena strategi manajerial yang berbeda dalam mengelola sumber daya sekolah. Manajemen pendidikan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan menggunakan fungsi-fungsi manajemen agar tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.  kualitas proses pendidikan dan pembelajaran dapat ditinjau dari dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaan sekolah. Walaupun komponen-komponennya penunjang seperti tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, dan dana yang cukup, jika tidak dikelola dengan “baik” dan “tepat” sesuai program pendidikan dan pengajaran (program sekolah) yang telah ditetapkan,  maka dapat dipastikan tujuan pendidikan dan pengajaran tidak akan tercapai secara efektif. Untuk itu, prinsip-prinsip manajemen merupakan instrumen penting yang dapat mengungkap sejauh mana keberhasilan atau kegagalan para guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran maupun program sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ermi Sola, SINTA ID : 6201805, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Dr. Ermi Sola, M.Pd. 

Dosen pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 

Google Scholat : https://scholar.google.co.id/citations?hl=en&user=0MkprGkAAAAJ

SINTA ID : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6201805&view=overview

References

Chairunnisa, C. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT. Raja Garafindo Persada.

Engkoswara, & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2011). Human resource management (13th ed). Mason, OH: Thomson/South-western.

Muhaimin, Suti’ah, & Prabowo, S. L. (2015). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru. Yogyakarta: Jejak Publisher.

Prawirosentono, S. (1999). Kebijakan Kinerja Pegawai. Yogyakarta: BPFE.

Sahertian, P. A., & Sahertian, I. A. (1990). Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satrohadiwiyo, S. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasif Dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Shihab, M. Q. (2011). Tafsir Al Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Soedarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

S.P, M. H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryasubrata. (1997). Proses Dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.

Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. L. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Moh. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU Nomor 14 Tahun 2005. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

UU Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Zainal, V. R., Basalamah, S., & Natsir, M. (2012). Islamic Human Capital Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2021-07-26
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 1067 times