EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM PENGOLAHAN NILAI RAPOR SISWA SMA NEGERI 11 BONE

  • Lisa Nursita SINTA ID 6728819, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Astina Astina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Isakasari Isakasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Idris Amiruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Abstract: The Effectiveness of Using Microsoft Excel in Processing Student Report Scores at SMA Negeri 11 Bone

Microsoft Excel is one of the media that is familiar and commonly used as a tool to perform data processing. This study aims to determine the teacher's perception of the effectiveness of the Microsoft Excel application as a medium for processing student report cards at SMA Negeri 11 Bone. Data collection techniques in this study used a survey with google form. The population in this study were all homeroom teachers at SMA Negeri 11 Bone. The research analysis method uses a quantitative descriptive approach, the survey uses a Likert scale and the data analysis technique is carried out descriptively by calculating the percentage of data using frequency and interval distributions, then interpreted in depth. The results showed that respondents who categorize that the use of Microsoft Excel is effectively used in processing student report cards at SMA Negeri 11 Bone. Processing student report cards using Microsoft Excel can make it easier for teachers to complete data processing on student report cards, for that training is needed to improve teacher skills in using Microsoft Excel applications.

 

Abstrak: Efektifitas Penggunaan Microsoft Excel dalam Pengolahan Nilai Rapor Siswa SMA Negeri 11 Bone

Microsoft Excel adalah salah satu media yang familiar dan biasa digunakan sebagai alat untuk melakukan olah data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang keefektifan aplikasi Microsoft Excel sebagai media untuk melakukan olah data nilai rapor siswa di SMA Negeri 11 Bone. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei dengan google form. Sampel dalam penelitian ini yaitu semua wali kelas yang ada di SMA Negeri 11 Bone. Metode analisis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, survei menggunakan Skala Likert dan teknik analisis dengan menghitung persentase data menggunakan distribusi frekuensi dan interval, kemudian dinterpretasi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang mengkategorikan bahwa penggunaan Microsoft Excel efektif digunakan dalam pengolahan nilai rapor siswa di SMA Negeri 11 Bone. Pengolahan nilai rapor siswa dengan menggunakan Microsoft Excel dapat mempermudah guru dalam menyelesaikan olah data nilai rapor siswa, untuk itu dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lisa Nursita, SINTA ID 6728819, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Lisa Nursita, S.E., M.Si.

[email protected]

WA 082293332111

 

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=x_83RzQAAAAJ&hl=id&authuser=3

SINTA : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6728819&view=book

 

Education Background

  • Universitas Hasanuddin, 2007-2011
  • Pascasarjana Universitas Hasanuddin, 2012-2015

 

Job Experience

  • Lecturer at Departement of Management, STIE Tri Dharma Nusantara, 2015-2018
  • Lecturer at Departement of Islamic Management Education, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019-2020

 

Experience

  • Dewan Redaksi, Tangible Journal, STIE Tri Dharma Nusantara, 2016-2017
  • Dewan Redaksi, Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 2019-Sekarang
  • Dewan Redaksi, Edu-Leadership Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
  • Ketua Gugus Penjaminan Mutu Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2019-Sekarang

 

Certificattions/Award

  • Penghargaan Peserta Terbaik I Angkatan 16 pada Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Kementrian Agama RI Tahun 2020

 

Event And Workshop

  • Pemateri pada “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley”, UIN Alauddin Makassar, 2019 dan 2020
  • Pemateri pada KTI “Teknik Penulisan Jurnal”, UIN Alauddin Makassar, 2020
  • Pemateri pada “Pelatihan Olah Data dengan Mic. Excel”, UIN Alauddin Makassar, 2020
  • Moderator pada “Pelatihan Penggunaan Lentera pada Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”, UIN Alauddin Makassar, 2020
  • Pemateri pada "Workshop Aplikasi Olah Data Pelatihan Excel dan SPSS", 2021

 

Scholarly Papers and Books

  • Editor pada Buku “Ide Bisnis Kaum Milenial”, ISBN : 978-623-7940-14-2, Tahun 2019
  • Editor pada Buku “Rentetan Cerita dibalik Pandemi Covid-19”, ISBN : 978-823-7940-48-3, Tahun 2020
  • Editor pada Buku “Rampai Kisah Pendidikan di Masa Pendemi”, ISBN : 978-623-7940-50-0, Tahun 2020
  • Kepemimpinan dalam Supervisi Pendidikan, (Baharuddin & Lisa Nursita), 2020
  • Menggagas Pembangunan Blue Economy Terumbu Karang, Sebuah Pendekatan Sosial Ekonomi, (Lisa Nursita), 2020
  • Keadaan Sosial Demografi Orangtua dan Pengaruhnya Terhadap Jumlah Jam Kerja Pekerja Anak Di Kota Makassar, (Lisa Nursita & Andi Tenri Lawa Putri), 2018
  • Pengaruh Hutang terhadap Return on Investment pada PT. Mayora Indah, Tbk, (Lisa Nursita), 2017
  • Valuasi Ekonomi Sumber Daya Terumbu Karang di Pulau Karampuang Kabupaten Mamuju, (Lisa Nursita), 2015

References

Hamid, D. M. Al, Ali, M. S., & Koromatsh, O. (2020). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Microsoft Excel kepada Guru Sekolah Dasar Gugus IV Kabupaten Fakfak. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 29–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix

Marlaise, I. (2019). Bimbingan Teknis Pengolahan Nilai melalui Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Ms.Excel Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengolah Data Hasil Evaluasi Pembelajaran. P2M STKIP Siliwangi, 6(1), 51. https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p51-62.1246

Petro, S., & Swatan, K. H. (2019). Pelatihan Microsoft Excel sebagai Penunjang Ketrampilan Hard Skill Bagi Siswa pada SMK Ypsei Palangka Raya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 282. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6011

Putra, M. B., & Putri, N. G. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor di Sekolah Menengah Kejuruan DCI Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika, Vol.5 No.1(1).

Putri, A. R. (2015). Optimalisasi Penggunaan Microsoft Excel untuk Pengolahan Nilai Raport di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. J-Adimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 1–5.

Putri, D. A., Irwansyah, M. A., & Pratama, E. E. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Website pada SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(4), 220–227. https://doi.org/10.26418/justin.v7i4.30921

Putri, N. A. A., & Hartanto, A. D. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport pada Siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta Berbasis WEB. Jurnal Ilmiah DASI, 14(04), 38–43.

Rahman, A., Yuridka, F., & Sari, M. (2015). Pelatihan Komputer Program Microsoft Excel 2013 pada SMAN 12 Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas, 1(1), 9.

Sari, H. P., & Muhartini, R. (2017). Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Raport SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1), 65–80. https://doi.org/10.35457/antivirus.v11i1.199

Sudarsana, I. K., Simarmata, J., Swasgita, I. P. H. Y., Suciati, N. P., Rudiadnyana, I. M., RN, K. B., & Anggraeni, P. K. N. (2018). Teknologi sinkronus dan asinkronus untuk pembelajaran. In Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, R. A. F. K., & Mair, Z. R. (2014). Pelatihan Komputer Dasar Oleh : Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Sekayu Program Studi Teknik Informatika Tahun - 2014.

Zulfiandry, R., & Mahmud, A. (2017). Sistem Pencatatan Penilaian Rapor Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus MIN Pasar Baru Bintuhan). Jurnal Media Infotama, 13(1), 36. https://doi.org/10.37676/jmi.v13i1.444

Published
2021-07-26
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 805 times