PERAN METODE SENTRA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK ISLAM E-SCHOOL PINRANG

  • Mardia Mardia Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Pinrang
    (ID)
  • Husnaeni Usman Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Pinrang
    (ID)

Abstract

Abstract: The Role of the Center Method in Early Childhood Character Education in TK Islam Plus E-School Pinrang

This study aims to describe the Role of the Center Method in Early Childhood Character Education in TK Islam Plus E-School Pinrang.This research Using qualitative descriptive research methods. Collecting data using interviews, documentation, and field notes. The observed components consist of; factors affecting the role of teachers in implementing the center method; Strategy for implementing the central method; and the impact of the center method on improving the character of early childhood. The results showed that the Islamic Kindergarten Plus E-School Pinrang had implemented central learning well in accordance with the prescribed rules.

 

Abstrak: Peran Metode Sentra dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Tk Islam E-School Pinrang

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peran Metode Sentra dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Plus E-School Pinrang. Riset menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Komponen yang diamati terdiri dari; faktor yang mempengaruhi peran guru dalam menerapkan metode sentra; Strategi penerapan metode sentra; dan dampak metode sentra terhadap peningkatan karakter anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Islam Plus E-School Pinrang telah mengimplementasikan pembelajaran sentra dengan baik sesuai dengan kaidah yang ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, Isa & Eva Wiji Lestari. (2020). Penanaman karakter keagamaan peserta didik melalui pembelajaran sentra di RA Rahmatillah Sidoarjo. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 9, No. 2, Oktober 2020, P-ISSN; 2252-5793 E-ISSN: 2622-7215.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Pedoman Penerapan Pendekatan BBCT Dalam Pendidikan Usia Dini. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Dokumentasi Observasi dan Wawancara, TK Islam Plus E-School, Februari 2019.

Glazzard, Jonathan and Samuel Stones. (2020). Relationships Education for Primary Schools: A Practical Toolkit for Teachers. British Library: Critical Publishing Ltd.

Iswantiningtyas, Veny & Widi Wulansari. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Issue 1. DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.

Lickona, Thomas. (2013). Educating For Character ; Mendidik Untuk Membentuk Karakter, terj.Juma Abdu Wamaungo, Jakarta ; PT.Bumi Aksara.

Maimunah, Aslamiah & Ahmad Suriansyah. (2018). The Integration of Sentra-Based Learning and Involvement of Family Program at Early Childhood in Developing Character Building (Multi Case at PAUD Mawaddah Warahmah and PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Banjarmasin Indonesia). European Journal of Education Studies. ISSN: 2501 - 1111 ISSN-L: 2501 – 1111.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodeologi Penelitian Kualitatif, Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta ; PT.Bumi Aksara.

Novial, Anggel Pra dan Nenny Mahyuddin. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 2 Tahun 2020, 6754 (print) ISSN: 2614-3097(online).

PAUD, Dirjen. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Center and Crcle Time (BCCT). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rakhmalia, Mia. (2008). Penggunaan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran Dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Pos PAUD Terpadu. Unismuh Malang.

Siregar, Gernawati. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains (Studi pada Sekolah Islam dan Sains Al-Jannah Depok Jawa Barat). Cirebon: CV. Syntak Corporation Indonesia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. cet.14, Bandung ; Alfabeta.

Suprayitno, Adi & Wahid Wahyudi. (2020). Pendidikan Karakter di Era Millenial. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Wartini, Sri. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Volume 4 Issue 1 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print).

Yudhistira & Siska Y.Massardi. (2012), Metode Sentra. Media Pustaka Sentra.

Zubaedi. (2009). Design Pendidikan karakter. Jakarta: Prenada Media Group.

Published
2021-07-31
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 365 times