MOTIVASI (SELF-TRANSCENDENCE) GURU MA AL-IKHLAS ADDARY DDI TAKKALASI DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Pandemi Covid-19 membuat berbagai aspek mengalami perubahan kehidupan, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi self transedence MA Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi. Teknnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan observasi di MA Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Penelitian ini menggunakan teori hierarki kebutuhan Maslow (Hierarchy of Need) dalam teori tersebut ada beberapa kebutuhan untuk memotivasi kinerja pendidik. Teori penelitian ini mengetahui ketercapaian kebutuhan spiritual pendidik MA Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi dan teori hirarki tercapai atau terpenuhi di lembaga sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja tenaga pendidik. Hasil penelitian di MA Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi bahwa peran lembaga dalam meningkatkan motivasi menurut teori Abraham Maslow sebagian besar kebutuhan terpenuhi seperti kebutuhan fisiologi walaupun ada kekurangan. Beberapa hal itu menyebabkan semangat dari pendidik untuk terus mengerjakan amal jariyah. mengajar dengan senang hati dan ikhlas dalam menyampaikan pengetahuan yang sangat penting mewujudkan self-transcendence.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aisyah, N. (2018). Motivasi Kerja di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Manba: Jurnal STAI Al-Ma’arif Buntok, 7(13).
Alfariz, A. S. H., Ratih, A., Pasaribu, L. P., & Wibowo, H. (2020). Transendensi Diri Pekerja Sosial (Studi Kasus Tentang Transendensi Diri Pekerja Sosial di Unit Pelaksana Tugas Pusat Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Bandung). Share : Social Work Journal, 10(1), 104–108. https://doi.org/10.24198/share.v10i1.26428
Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & AR, D. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(2), 116–127.
Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
Arifin, Z. (2020). Tafsir Ayat-Ayat Manajemen Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Goble, F. G. (1970). The Third Force : The Psychology of Abraham Maslow. New York: Pocket Books.
Gusman, H. E. (2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMPN Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293–301. https://doi.org/10.24036/BMP.V2I1.3764
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Retrieved January 12, 2022, from Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/motivasi
Koltko-Rivera, M. E. (2006). Rediscovering The Later Version of Maslow’s Hierarchy of Needs: Self-Transcendence and Opportunities for Theory, Research, and Unification. Review Of General Psychology, 10(4), 302–317. https://doi.org/10.1037/1089-2680.10.4.302
Maslow, A. H. (1971). The Farther Reaches of Human Nature. New York: Viking Press.
Maslow, A. H. (1994). Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta: PT. PBP.
Messerly, J. G. (2017). Summary of Maslow on Self-Transcendence. Retrieved January 12, 2022, from https://ieet.org/Index.Php/IEET2/More/Messerly20170204
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78–86. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i2.473
Nurussalami. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kinerja Guru pada SD Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4513
Paizal, I., Siraj, A., & Mania, S. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 21–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3003
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Researh), 4(2), 30–36.
Pamungkas, D. E., & Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–9. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p211-219
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Boston: Pearson.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 196–201. https://doi.org/10.17977/jip.v19i2.4212
Suspahariati, & Susilawati, R. (2020). Penerapan Sistem WFH (Work From Home) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen UNIPDU Jombang selama Pandemi Covid-19. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 229–240. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2347
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##