PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Abstrack: Problems of Online Learning Students Departement of Management Islamic Education During the Covid-19 Pandemic
The research that aims to describe the problems of online learning for students majoring in Islamic Education Management class 2017 Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Alauddin Makassar during the covid-19 pandemic. By using the management method of student management. The results of this study indicate that the problems of online learning are experienced by both lecturers and students. The competence factor of educators/lecturers is that lecturers are required to study IT further so that in preparing the material to be taught it can be maximized. Limitations of lecturers in controlling the ongoing online learning. Limited quota needed to access the internet network in online learning. Inadequate network access, a number of students live in areas that do not have internet access, such as in remote villages and geographically located areas that do not allow for a stable internet network. Solutions in overcoming problems create a conducive learning atmosphere to improve student understanding, provide training to lecturers to improve lecturers' abilities in using IT, expand network access for learning resources so that they can run effectively and efficiently, and the government distributes/provides free quota assistance for students.
Abstrak: Problematika Pembelajaran Daring Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran daring pada mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2017 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar pada masa pandemi covid-19. Dengan menggunakan metode manajemen pengelolaan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring dialami oleh dosen maupun mahasiswaFaktor kompetensi pendidik/dosen, dosen diharuskan untuk belajar IT lebih jauh sehingga dalam menyiapkan materi yang akan diajarkan dapat lebih mkasimal. Keterbatasan dosen dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran daring. Keterbatasan kuota yang dibutuhkan untuk mengakses jaringan internet dalam pembelajaran daring. Akses jaringan yang tidak memadai, sejumlah mahasiswa tinggal di wilayah yang tidak memiliki akses internet, seperti di pelosok desa dan wilayah dengan letak geografis yang tidak memungkinkan untuk jaringan internet yang stabil. Solusi dalam mengatasi problematika tersebut, yaitu menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, memberikan pelatihan-pelatihan kepada dosen untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam penggunaaan IT, perluasan akses jaringan untuk sumber belajar agar dapat berjalan secara efektif dan efisien, dan pemerintah menyalurkan/memberikan bantuan kuota gratis bagi mahasiswa.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Albert Efendi Pohan. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.
Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 7 No. 4.
Bafadal. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriantoro dan Supomo. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BFE.
Irawati dan Jonathan. 2020. “Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemic Covid-19: Sudi Kasus Di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika.” Jurnal Rekayasa Sistem Industri: Juli Vol. 9 No.(p-ISSN: 2339-1499, e-ISSN: 0216-1036.).
Lexi J. Moleong. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. edited by P. R. Rosdakarya. Bandung.
Lexi J. Moleong. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M. Quraish Shihab. 2017. “Tafsir Al-Mishbah.” Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran Vo. 13 Ed. Revisi, Jakarta: Lentera Hati.
Miles dan Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebooks. Edisi 3. USA: Sage Publications.
Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya from Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol. 8, No.3 (E-ISSN: 23389621).
P. Joko Subagyo. 2011. Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmat Hidayat dan Candra Wijaya. 2017. “Ayat-Ayat Al-Quran tentang Manajemen Pendidikan Islam.” Medan: LPPPI (ISBN: 978-602-60046-3-5).
Riyana, Cepi. 2019. “Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online.” (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019), edisi 1, ISBN: 9786023923595/E-ISBN: 9786023923601.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsini. 1989. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.