PENGARUH MANAJEMEN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS XI DIMAS MA’ARIF LASEPANG KAB. BANTAENG
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen perpustakaan terhadap minat baca peserta didik kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh manajemen perpustakaan kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng, bagaimana minat baca peserta pidik kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng, dan bagaimana pengaruh manajemen perpustakaan terhadap minat baca peserta didik kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng. Metode yang digunakan pada Penelitian ini merupakan kuantitatif yang mengharapkan para ilmuwan terjun langsung ke lapangan. Populasi dalam tinjauan ini adalah semua siswa kelas XI MAS Ma'arif Lasepang Kab. Bantaeng sebanyak 48 peserta didik. Metode pengujiannya adalah sampling jenuh dimana semua individu dari populasi digunakan sebagai tes. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Informasi tersebut kemudian dipecah secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian dalam penelitian ini adanya pengaruh manajemen perpustakaan dan minat baca peserta didik kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng. Berdasarkan hasil Pengujian Regresi Sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh ialah 0.000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh manajemen perpustakaan dan minat baca peserta didik kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng. Hasil pengujian Uji T menggunakan SPSS menunjukkan thitung=9,321>ttable = 2,014, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh manajemen perpustakaan dan minat baca peserta didik kelas XI di MAS Ma’arif Lasepang Kab. Bantaeng.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pemebelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul, Ali-Art.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Shihab, Q. (2005). Tafsir al-Mishbah. Tangerang: Lentera Hati.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 23). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami (Cet. 1). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujidono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan (Cet. 22). Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.