PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstrak
Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Uin Alauddin Makassar
Prestasi belajar merupakan hasil belajar dari proses yang telah dilakukan berdasarkan dari perubahan tingkah laku yang didapatkan dari pengalaman peserta didik dalam interaksinya dengan lingkungan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling, Sampel dipilih berdasarkan kriteria mahasiswa yang aktif dalam organisasi angkatan 2019 dan 2020. Pengumpulan data dengan kuesioner dan instrumen penelitian yang digunakan ialah angket berbentuk semantik diferensial yang disampaikan melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UIN Alauddin Makassar dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan keaktifan organisasi (variabel x) terhadap prestasi belajar sebesar 54,76% kemudian sisanya 45,24% dipengaruhi oleh faktor lain. Keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi dapat memberikan dampak positif terutama pada kemampuan soft skill yang menunjang prestasi belajarnya seperti pengetahuan dan wawasan yang luas, kemampuan public speaking atau komunikasi, membangun relasi, meningkatkan value atau kualitas sebagai mahasiswa yang kreatif inovatif serta berintelektual yang berbeda dengan mahasiswa pada umumnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Assyauqi, Y., & Suarga. (2018). Motivasi Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Idaarah, 2(2), 168–179.
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Mahwa, New Jersey: Lawrence Eri Baum Associates Publisher.
Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Magfirah, I., & Prafitriyani, S. (2019). Pengaruh Organisasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru ( Uniqbu ). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 828–837. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/9794
Putro, W. E. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyid, M. zaiful, Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Saepuloh, D. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Prestasi Mahasiwa di FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf. JIPIS, 25(2), 27-38.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Saputro, M., Yudi, A., & Dona, F. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 233–246.
Sholikhah, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fe Unesa Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 76–80. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/24509.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarman. (2004). Prinsip-Prinsip Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwena, K. R., & Meitriana, M. A. (2018). Organisasi Salah Satu Faktor Pendukung Prestasi Belajar Mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 62–68. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v6i2.16301
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Trisnawati, Ernie, Saefullah, & Kurniyawan. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zendrato, W., & Laia, Y. (2018). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaa terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nias Selatan Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 46–47.