PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MPI KELAS B SEMESTER IV UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Ermi Sola SINTA ID : 6201805, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ismatun Amriyah Bahtiar UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Musdalifa UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • AZWAN SUDARMAN UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat terlaksananya pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil yaitu berjumlah 41 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan positif antara media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar di UIN Alauddin Makassar Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam kelas B angkatan 2020.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Dr. Ermi Sola, M.Pd. 

Dosen pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 

Google Scholat : https://scholar.google.co.id/citations?hl=en&user=0MkprGkAAAAJ

SINTA ID : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6201805&view=overview

##submission.authorWithAffiliation##

Manajemen Pendidikan Islam

##submission.authorWithAffiliation##

Manajemen pendidikan islam

##submission.authorWithAffiliation##

Manajemen Pendidikan Islam

Referensi

Amilia, W., & Maiziani, F. (2020). Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru di SMA. Jurnal E-Tech, 00(00).

Halidi, Hasan Mahmud et al. (2015). Pengaruh Media Pembelejaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1).

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.

Nursita, Lisa et al. (2022). Komparazi Aplikasi Prezi Vs Power Point sebagai Media Pembelajaran pada Hasil Belajar. Jurnal IDEAS, 8(1).

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1).

Saefullah. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi terhadap Karakter Anak. Retrieved July 24, 2020, from BDK Jakarta Kementerian Agama RI website: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak

Soimah, Ika. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1).

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwastarini, Ni Nyoman et al. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SDLB B (Tunarungu) Pada SLB B Negeri PTN Jimbaran. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1541

Tafonao, Talizaro. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Prasyarat Analisis. Lumajang: Klik Media.

Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Diterbitkan
2022-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 363 times