PENGEMBANGAN LANGKAH-LANGKAH PENGELOLAAN KELAS SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19

  • Lailatussaadah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    (ID)
  • Salma Hayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    (ID)
  • Ainul Mardhiah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    (ID)
  • Munawar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    (ID)
Kata Kunci: Langkah-Langkah Pengelolaan Kelas Daring, Kedisiplinan Belajar Siswa, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan rancangan langkah-langkah pengelolaan kelas secara daring untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik pada masa Covid-19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah telaah dokumentasi, wawancara, observasi, dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen ahli sebagai pakar, pendidik, dan peserta didik sebagai pilot test small group. Penelitian ini dilakukan di SMAN Kembang Tanjong Pidie, Aceh dalam rangka melakukan analisis kebutuhan dan pilot test pada small group. Subjek penelitian ini dilakukan pada 4 dosen ahli, 3 orang guru, 24 orang peserta didik dalam projek analisis kebutuhan, dan 10 orang peserta didik untuk pilot test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 bentuk indisipliner yang dilakukan peserta didik saat pembelajaran daring berlangsung, hal tersebut menjadi dasar dikembangkan langkah-langkah pengelolaan kelas secara daring agar dapat meningkatkan disiplin belajar siswa. Hasil validasi tahap kelayakan langkah-langkah diperoleh persentase sebesar 82,63% dengan kriteria sangat layak, respon pendidik terhadap pengembangan langkah-langkah pengelolaan kelas secara daring diperoleh 96,29% dengan kriteria sangat baik, hasil analisis respon peserta didik didapatkan perolehan persentase sebesar 92,33% dengan kriteria sangat efektif. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa langkah-langkah pengelolaan kelas daring dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan disiplin peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anzalena, R., Yusuf, S., & Lukman, L. (2019). Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 12(2), 123–132. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.123-132

AS, H. (2017). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Penanganan Perilaku Indisipliner Siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 9. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759

Bali, M. M. E. I., & Hasanah, F. (2022). Aksentuasi Disiplin Belajar Mahasiswa dalam Moda Hybrid Learning di Era Pandemi Covid-19: Persepsi Pendidik. Jurnal Basicedu, 6(3), 4210–4219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2800

Chan, F., Kurniawan, A. R., Nurmaliza, Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Erfiati, E., & Lailatussaadah, L. (2022). The Roles of Educator in Disruptive Era. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 52. https://doi.org/10.22373/cj.v6i1.11202

Evertson, C. M., Emmer, & T, E. (2011). Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar (Edisi Delapan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Falah, S., Idhofi, A., & Fauziah, F. (2022). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. Tadbiruna : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 51–57.

Fattah, A. A., Wibawa, A. P., Akbar, M. I., & Herdianto, R. (2020). Pengembangan Modul Sosioteknologi Informatika Berbasis CDIO. Belantika Pendidikan, 3(2), 75–82. https://doi.org/10.47213/bp.v3i2.89

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Indari, I., La Fua, J., Raehang, R., Ilham, M., & Agus, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 92 Kendari. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 31. https://doi.org/10.31332/dy.v2i2.3087

Lailatussaadah, Fitriyawany, Erfiati, & Mutia, S. (2020). Faktor-Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) PPG dalam Jabatan (Daljab) pada Guru Perempuan di Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), 41–50.

Lailatussaadah, Hayati, S., & Yulia, H. (2019). Tahap Kesiapan Guru Sma dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Kabupaten Bireuen. Intelektualita, 7(2), 121–131. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/9931

Lailatussaadah, L., Hayati, S., & Ariska, C. N. (2019). Tahap Profesionalisme Guru Dual Jobs Jenjang Pendidikan Dasar di Kota Banda Aceh. Journal Didaktika, 8(2), 37–52.

Leobisa, J., & Namah, M. G. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3301–3309. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2582

Liubana, A., & Puspasari, D. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 7(2), 417. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3599

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Mulyawati, Y., Sumardi, & Elvira, S. (2019). P e d a g o n a l. 3(1), 1–14.

Mutia, S. (2016). Manajemen Kelas Islami pada MIN Lampisang Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Aktual, 2(1).

Nugraha, M., & Hidayat, W. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nugroho, W. S. (2020). Permasalahan Kompleks Pmbelajaran Daring Mulai Siswa Hingga Pengajar Temui Hambatan. TribunJogja.com. https://jogja.tribunnews.com/2020/07/29/permasalahan-kompleks-pembelajaran-daring-mulai-siswa-hingga-pengajar-temui-hambatan.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.

Prastiwi, A. T., & Wibowo, A. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured Siswa Kelas V SDN 2 Pedes Sedayu Bantul Yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–10.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Putri, N. R. (2018). Analisis Tindak Indisipliner Siswa SMP Negeri. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 122–128. https://doi.org/10.17977/um025v2i22018p122

Rachman, A., & Agustian, M. (2016). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas di SDN 23 Pagi Palmerah Jakart. Jurnal Perkotaan, 8(2), 75–93. https://doi.org/10.25170/perkotaan.v8i2.277

Rahmadayani, I., Lailatussaadah, L., & Dhin, C. N. (2021). Kreatifitas Guru Bersertifikasi dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran di Madrasah Ibtidayiah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh (The Creativity of Certified Teacher in Utilizing Learning Media in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh) Ita. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 21(2), 151–161.

Rambe, H., Naibaho, M. A., & Siregar, S. M. (2022). Tantangan Belajar Online pada SD Negeri 064037. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 414–420.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113

Slamet. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, H. (2009). Kasus Perilaku Pelanggaran Disiplin Siswa Di Sekolah Ditinjau dari Kerangka Teori Sosiologi Fungsionalisme. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4(2), 60–66.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Suyanto, U. Y., & Suratman, B. (2015). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3), 1–13.

Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi dalam Pelayanan Publik di Era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/8182

Wasak, M. R. P., Manggoa, M. A., & Blegur, J. (2019). Perilaku Indisipliner Peserta Didik dan Implikasinya dalam Proses Belajar-Mengajar. 433–449. https://doi.org/10.31227/osf.io/pdbgx

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian Belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. JURNAL E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343

Diterbitkan
2023-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 209 times