PENGARUH TINGKAT EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 12 SINJAI KABUPATEN SINJAI

  • Asnita Manajemen Pendidikan Islam, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Kasmawati Manajemen Pendidikan Islam, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Tingkat Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Sinjai yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Sinjai; (2) Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Sinjai; (3) Pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Sinjai. Jenis penelitian ini menggunakan eksplanatori (eksplanatory research) dengan metode Ex Post Facto. Populasinya ialah seluruh peserta didik kelas XII di SMA Negeri 12 Sinjai sebanyak 148 orang sehingga ditarik sampel sebanyak 10% menjadi 60 peserta didik dengan menggunkan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan regresi linear sederhana. Hasil analisis statistik deskritif menunjukkan tingkat ekonomi orang tua berada dikategori sedang dengan frekuensi sebanyak 40 orang (67%) dan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berada pada kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 35 orang (58%). Hasil analisis inferensial menunjukkan nilai thitung = 0,63215 > ttabel = 0,2144 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil data tersebut, dapat disimpulkan tingkat ekonomi orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Sinjai. Implikasinya ialah untuk dijadikan literatur, wacana, serta masukan terhadap orang tua agar anaknya memiliki minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mengembangkan potensinya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Cetakan XI). Jakarta Selatan: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Cetakan XV). Jakarta: Rineka Cipta.

Darajat, Z. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2015). AI Quran dan Terjemahan (Cetakan I). Bandung: Alfabeta.

Fahmi, M. Q. (2019). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Perhatian Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Jeruk I Lakarsantri Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6), 12. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/30159

Gerungan. (2015). Psikologi Sosial (Cetakan I). Bandung: PT Refika Aditama.

Gesmi, I. (2018). Pendidikan Pancasila (Cetakan I). Sidoarjo: Prenadamedia.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kadir, A. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan (Cetakan II). Jakarta: Prenadamedia.

Putra, S., Wahyuni, S., & Eprillison, V. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 3.

Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau dari Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Potensi Diri pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Se-Kota Semarang Siswa. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from Skripsi

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif (Cetakan XX). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2013). Action Research Teori, Model, dan Aplikasi (Cetakan I). Makassar: University Press.

Zaini, A., Sujito, & Andayani, E. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Studi Lanjut Siswa Kelas XII dI MA Miftahul Huda Cendono Purwosari Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(3), 20. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Zon, F., Iskandar, M., & Zuhdi, S. (2016). Tinjauan Sejarah Hukum Pasal 33 UUD 1945 Sebagai Ideologi Ekonomi. Jurnal Negara Hukum, 7(1), 111.

Zuriah, N. (2006). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan (Cetakan II). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan
2023-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 139 times