STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KEPAHIANG

  • Ari Yanto Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Curup
    (ID)
  • Aris Dianto Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Curup
    (ID)
  • Dian Bastian Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Curup
    (ID)
  • M. Effry Kurniawan Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Curup
    (ID)
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Pendidikan, Pondok Pesantren

Abstrak

Pendidikan yang bermutu harus memiliki Sumber Daya Manusia yang baik dan berkompeten. Kepala sekolah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi kepala sekolah Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu: (1) Peningkatan dan penguatan dari dalam dengan cara pemberian materi ketika rapat koordinasi bulanan; (2) Melakukan supervisi rutin dengan melakukan kunjungan kelas dan menganalisa RPP yang akan digunakan guru; (3) Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), evaluasi terkait dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung; (4) Pembinaan kedisiplinan guru melalui rapat tiap bulan dan teguran secara langsung; (5) Promosi secara berkala dengan cara menyebarkan brosur, mengadakan sosialisasi ke berbagai pihak, instansi dan lembaga terkait  se-Kabupaten Kepahiang, dan sekitarnya; (6) Peningkatan sarana dan prasarana seperti pembuatan ruang kelas baru, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kantin, tempat parkir, dan lapangan olahraga; (7) Pendekatan kontesktual yakni pendekatan di lingkungan internal pondok pesantren; (8) Pemilihan kepala sekolah yang tepat dengan pemahaman yang utuh terhadap lingkungan; (9) Optimalisasi implementasi dan penerapan kurikulum; (10) Stabilisasi limgkungan dan sekolah dan budaya pondok pesantren; (11) Melakukan pengorganisasian kelas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Basri, H. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Dimyati, H. (2014). Manajemen Proyek. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusun Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasri. (2014). Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah STAIN Palopo, 2(1), 69–84.

Meilani, H., Lubis, M. J., & Darwin. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4374–4381. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2840

Moleong, L. J. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Murti, Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Iklim Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kota Mukomuko. Universitas Terbuka.

Nonsihai, Indah Aldama, Daniel, S., Hendrowanto Nibel, & Alexandro, R. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Satu Atap 1 Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 52–57. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i1.4730

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Pratama, I. P., & Zulhijra. (2019). Reformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 117–127. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3216

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 6). Bandung: Alfabeta.

Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP :Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Suwantoro. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneuship. JALIE, 2(1), 127–146.

Syaroni. (2007). Pengaruh Kinerja Kemempimpinan dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Universitas Ngeri Semarang.

Usman, H. (2011). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan (Edisi III). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahid, E. (2017). Strategi Marketing Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Image Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 10(1), 1–20.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Warsah, I. (2017). Kesadaran Multikultural sebagai Ranah Kurikulum Pendidikan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 268–279. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.2845

Warsah, I., Destriani, Septian, R. Y., & Nurhayani. (2022). Implementasi Kurikulum Tersembunyi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632

Warsah, I., Imron, Siswanto, & Sendi, O. A. M. (2020). Strategi Implementatif KKNI dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di IAIN Curup. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 77–90. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3442

Warsah, I., Khair, U., & Krismawati. (2020). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 214–228. https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2262

Warsah, I., & Nuzuar. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi MAN Rejang Lebong). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 263–274. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.488

Diterbitkan
2023-01-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 241 times