THE EFFECT OF HEAD OF MADRASAH SUPERVISION ON TEACHER PERFORMANCE IN STANAWIYAH STATE MADRASAH IN KOLAKA DISTRICT

  • Kasmawati Kasmawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • syamsyudddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Supervision of the Madrasah Head, Teacher Performance

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengetahui supervisi kepala madrasah di MTs Negeri Se-Kabupaten Kolaka, (2) mengetahui kinerja guru di MTs Negeri Se-Kabupaten Kolaka, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri Se-Kabupaten Kolaka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Negeri 1 Kolaka dan MTs Negeri 2 Kolaka yang berjumlah 123 orang sehingga diperoleh sampel sebanyak 95 orang dengan menggunakan teknik Cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kepala madrasah berada dikategori sedang dengan jumlah frekuensi sebanyak 74 orang dengan persentase 77,9%, dan kinerja guru berada pada kategori sedang dengan jumlah frekuensi sebanyak 73 orang dengan persentase 76,8%. Adapun hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilaittabel (7,837>1,661).  Dengan nilai signifikansi 0,05 yang menujukkan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri Se-Kabupaten Kolaka.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi. (2018). Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Jawa Barat: Guepedia Publisher.
Ginting, Ribka. (2020). “Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2),
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan 3. Bandung: Alfabeta.
Mardhiah. (2021). “Pengaruh Tanggung Jawab Profesi, Komitmen Mengajar, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Efektivitas Kinerja Guru”, Jurnal: Idaarah Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Mukhtar. (2014). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Madrasah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sahertian, Piet A. (2020). Konsep Dasar dan teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Sumber daya manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Senang dan Maslachah. (2018). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Madani.
Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Diterbitkan
2023-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 49 times