PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MTS MADANI ALAUDDIN KABUPATEN GOWA

  • Suarga Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran supervisi pendidikan kepala sekolah di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa; (2) Gambaran mutu pendidikan di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa; dan (3) Pengaruh yang signifikan supervisi pendidikan terhadap mutu pendidikan di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 541 orang yang terdiri dari 47 orang tenaga pendidik dan kependidikan dan 494 orang peserta didik, lalu diambil sampel sebanyak 123 orang yang merupakan gabungan dari 40 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan 83 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Sampling Jenuh dan Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Supervisi pendidikan berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 60%; 2) Mutu pendidikan berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase sebesar 62,5%. Mutu pendidikan (peserta didik) berada pada kategori sedang dengan persentase 66%; dan 3) Diperoleh thitung 3,391 > ttabel 1,686 Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi pendidikan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Drs. Suarga, M.M.

Dosen pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 

Email : [email protected]

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=ksLPbygAAAAJ&hl=en

SINTA ID : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6201602&view=overview

Referensi

Arbangi, dkk. (2018) Manajemen Mutu Pendidikan. Cet. II; Depok: Pranedamedia Group.

Angkotasan, Suleman dan Soleman Watianan. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan di Kampus STIA Alazka Ambon. Jurnal Ilmu Sosiologi, 4(2), 24-50.

Hadis, Abdul dan Nurhayati B. (2012). Manajemen mutu pendidikan. Cet. II; Bandung: Alfabeta.

Herabudin. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Pustaka Setia.

Kahesa, Mita. (2019). Peran Supervisi Pendidikan dalam Menunjang Pendidikan yang Berkualitas. ResearcGate

Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka.

Kristiawan, Muhammad, dkk. (2019). Supervisi Pendidikan. Cet. I; Bandung: CV Alfabeta.

Maisaroh, Siti dan Danuri. (2020). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. 1; Palembang: Percetakan Tunas Gemilang.

Nasution, Tia Agustina. (2021). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. ResearcGate

Purwanto, Ngalim. (2012). Administrasi dan supervisi pendidikan. Cet. 21; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subiyanto. (2021). Pentingnya Dana Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Nasional. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Artikel Pendidikan, 2(4), 64-67.

Yuhasnil dan Silvia Anggreni. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal of Administration and Educational Management. 3(2), 214-221.

Diterbitkan
2023-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 88 times