EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN PANGKEP KABUPATEN PANGKEP

  • Muh Nur Islam Nurdin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Efektivitas, Manajemen Tenaga Kependidikan, Tenaga Kependidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan manajemen tenaga kependidikan di MAN Pangkep Kabupaten Pangkep dan faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan manajemen tenaga kependidikan di MAN Pangkep Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian memakai pendekatan investigasi. Sumber data dikerjakan dengan cara purposive yang ditentukan melalui pertimbangan dan tujuan tertentu. Metode pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen penelitian pedoman wawancara. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan pemberian kesimpulan ataupun verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas penerapan manajemen tenaga kependidikan di MAN Pangkep Kabupaten Pangkep berjalan baik namun belum efektif yang meliputi lima hal yaitu Kuantitas tenaga kependidikan di MAN Pangkep kabupaten Pangkep, kualitas kerja tenaga kependidikan di MAN Pangkep kabupaten Pangkep, efesiensi waktu tenaga kependidikan di MAN Pangkep kabupaten Pangkep, prestasi kerja tenaga kependidikan di MAN Pangkep kabupaten Pangkep dan peningkatan kualitas SDM tenaga kependidikan di MAN Pangkep kabupaten Pangkep. Faktor pendukung penerapan manajemen tenaga kependidikan di MAN Pangkep Kabupaten Pangkep terletak pada faktor sarana dan prasarana, faktor lingkungan kerja, faktor kesadaran aparatur, faktor kemampuan dan keterampilan serta faktor aturan dan kebijakan kepala madrasah. Sedangkan faktor penghambat  terletak pada faktor kuantitas kerja dan faktor SDM yang tidak merata.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Aminy, E. (2020). Efektivitas Pelayanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sarolangun. Skripsi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Arviana, N., & Ruswidiono, R. W. (2022). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi, dan Pelatihan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Shf. E-Jurnal Manajemen Trisakti School of Management (TSM), 2(3), 61–70. Https://Doi.Org/10.34208/Ejmtsm.V2i3.1587

Bahri, S., Hasibuan, L. M., & Pasaribu, S. E. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Kepuasan Kerja Pegawai pada Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 229–244. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i1.619

Bella, W. (2017). Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan di Smp Al-Huda Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan.

Dinda Angraeni, H. (2017). Efektivitas Layanan Administrasi Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah di SD Inpres Timbuseng Kabupaten Gowa. Skripsi. Gowa: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Drs. H.Abdul Hafid H, M.A, (2022). Selaku Kepala Madrasah Wawancara di Sekolah pada Tanggal 5 Januari 2022.

Hanum, F., Rahman, A., Husna, A., Syariah, A., Syariah, A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2022). Implikasi Job Redesign terhadap Kinerja Pegawai Muslim Studi Fenomenologi ASN di Dinas PM PTSP dan Naker Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 3728–3736.

Harahap, S. D. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Efektivitas Layanan Administrasi Akademik di SMK N 1 Tebing Tinggi. Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Hasrudy, T. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(1), 1–27.

Indrawati, D. (2020). Efektivitas Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 4 Langsa. Tesis. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Karnati, N. (2017). Implementasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar di Kota Bekasi. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 185–191. Https://Doi.Org/10.21009/Parameter.292.06

Maulana Akbar, Sanjani. (2018). Peningkatan Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidikan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 6(1), 1–8.

Muhammad Yunus, S.Pd.I, Selaku Peagawai Wawancara di Sekolah Pada Tanggal 4 Januari 2022.

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V5i2.8050

Nasem, Arifudin, O., Cecep, & Taryanan, T. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Ilmia MEA (Manajemen & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Nurlindah, Muh. Khalifah Mustami, & Musdalifah. (2020). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kepdendidikan. Jurnal Idaarah, 4(1), 40–51.

Prayudi, A. (2017). Analisis Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Mansuia terhadap Pretasi Kerja Karyawan. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 15–25.

Pudjianto, U., Kukuh Adisusilo, A., Retnawati, L., & Saurina, N. (2020). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Muslimat Nu Surabaya dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 22. Https://Doi.Org/10.24269/Adi.V4i1.2026

Ratnasari, S. L., & Sutjahjo, G. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(2), 99. Https://Doi.Org/10.33603/Jibm.V1i2.665

Saenab, S.Pd. (2022). Selaku Ketua KTU Wawancara Pada 4 Januari 2. (2022).

Simanjuntak, Daniel Sylvester Simanjuntak, dkk. (2017). Pengaruh Persepsi Penilaian Prestasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 3(2), 6–13.

Umi, F. (2019). Evaluasi Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Al Fikri Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 44-54.

Yustinus Sanda, Agustina Pitriyani, & Yesepa. (2022). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 79–88. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V8i1.765

Diterbitkan
2023-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 150 times