THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF THE CALCULATED SIMAK METHOD ON LEARNING OUTCOMES OF INDONESIAN LANGUAGE MATERIAL DESCRIPTION TEXT OF CLASS II, STUDENTS AT SDN NO. 125 INPRES BULUKUNYI TAKALAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan setelah penerapan metode simak terka dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar setelah diterapkan metode simak terka kelas II, di SDN No. 125 Inpres Bulukunyi Kab. Takalar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental design one grup pretest postets. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II, SDN No.125 Inpres Bulukunyi yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, serta instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan metode sebesar 40,78 berada pada kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar setelah diajar menggunakan metode simak terka sebesar 74,87 berada pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menujukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diajar menggunakan metode simak terka, jika dilihat dari rata-rata hasil belajar Post-test lebih besar dari nilai Pre-test. Jadi penerapan metode simak terka memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi teks deskripsi pada peserta didik kelas II, SDN No.125 Inpres Bulukunyi Kabupaten Takalar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto Suharsimi, (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta:PT.Bumi Aksara, 281
Getteng Rahman Abd, & Rosdiana, (2020). Etika Profesi Keguruan, Arti Bumi Intaran. 13.
Hermaditoyo Stanislaus (2018). Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, Volume 10, Nomor 2, Juni 2018.
Jelita Dwi Septya., (2022). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter”. Jurnal Multidisiplin Dehasen, Vol.1 No.3 Juli, 2022.
Kementrian Agama Republik Indonesia, Al Qur’an Surah Al-A’raf/7:204
K. Perayani, I.W.Rasna, (2022), “Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dengan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol.11 No 1, 2022.
Munawar, Agil Ahmad. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Pembelajaran Al-Quran Hadist Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 86.2022.
Majid Abdul, (2015), Penilian Autentik Dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Prameswari, Yoga Jatut., (2017), Peran UUD Nomor 24 Tahun 2009 Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 4, No.1,103-108, 2017.
Sari, Malaysa. Desi. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Simak Terka terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas 1. JPGSD, Vol. 03, No 02.403.2015
Saat sulaiman & Manis Sitti. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian, (Cet. Kedua; Makassar : Pusakan Almaida, 64-65.
Simatupang Dorlina Nurhenti, (2017), “Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Strategi Simak-Kerjakan, 2017.
Suhartono, Y., Nafri & R, Kurniawan (2016). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. 2 (10), 72-82, 2016.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B,.(Cet, XX; Bandung: Alfabeta) 146-147.
Syaodih Sukmadinata Nana, (2015), “ Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), 53.
Suprihartiningrum Jamil, (2016), Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media), 28, 2016
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##