ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalis implementasi kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 5974 Th. 2019 tentang pengelolaan informasi pendidikan berbasis Education Management Information System (EMIS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research dengan melakukan penyelidikan terhadap buku, literatur, catatan maupun laporan tentang EMIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga langkah yang harus dilakukan dalam kebijakan EMIS yaitu organization, interprestation, dan apllication. Pengelolaan data berbasis EMIS telah memudahkan dalam pengambilan keputusan maupun pengambilan kebijakan untuk kemajuan lembaga pendidikan Islam. Namun EMIS sebagai basis pangkalan data pendidikan Islam untuk pengambilan kebijakan belum mampu digunakan secara maksimal, sebab tingkat validitas dan keterkinian (updating) data masih belum sempurna.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, M., & Prasojo, L. D. (2013). Sistem Informasi Evaluasi Diri Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Web Sebagai Sarana Pengembangan Program Unggulan Berbasis Potensi Lokal. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arwildayanto, Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif. CV. Cendekia Press. Bandung.
Aziz, F. (2014). Pengambilan Kebijakan Berbasis Education Management Information System (EMIS). Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 135–162. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.135-162
Darmawan, D., & Fauzi, K. N. (2013). Sistem Informasi Manajemen. 1st Ed. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Hakim, L. (2019). Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen Dilengkapi Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. CV. Timur Laut Aksara. Jambi.
Handayani, Y. T., Nimah, A. C., Nurrita, Z., & Huda, M. N. (2019). Pemanfaatan Education Information Management System (EMIS) Dalam Sistem Pelaporan Lembaga Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.15642/Japi.2019.1.1.57-68.
Islam, D. J. P. (2021). Data Pokok Pendidikan Islam (EMIS). Pendis Depag.
Khoiri, N. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Ragam, Model, Dan Pendekatan. SEAP: Southeast Asean Publishing. Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/Id/Eprint/9459.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/Edumaspul.V3i2.142.
Ramadina, E. (2017). Pengelolaan Education Management Information System (EMIS) Dalam Pengambilan Keputusan. JSII: Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://aisindo.or.id/wp-content/uploads/2019/10/5.2-PENGELOLAAN-Education-Management-Information-System.pdf
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/Nsc.V6i1.1555
Sina, R., & Mahsyar, A. (2020). Penerapan Education Management Information System (EMIS) di Lembaga Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren Pada Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. JPPM: Journal Of Public Policy And Management, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.26618/Jppm.V1i1.2704.
Tupono, W., & Kusumawiranti, R. (2020). Efektivitas Education Management Information System (EMIS) Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman. JMPKP: Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, 1(2), 29. https://doi.org/10.36085/jmpkp.v2i1.702.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##