PENERAPAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PROSES PEMBELAJARAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM
Studi Kasus SMK Negeri 2 Majene Kec. Banggae, Kab. Majene Prov. Sulawesi Barat
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Majene. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen di SMK Negeri 2 Majene telah memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Sistem informasi manajemen membantu dalam pengelolaan informasi siswa, jadwal pelajaran, dan administrasi sekolah. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik yang lebih efektif kepada siswa dan orang tua melalui sistem e-learning. Faktor pendukung utama penerapan sistem informasi manajemen adalah dukungan manajemen sekolah dan kerjasama antara guru dan petugas administrasi. Di sisi lain, faktor penghambat adalah kurangnya pemahaman tentang sistem informasi manajemen oleh guru dan kesulitan dalam mengintegrasikan sistem ini ke dalam proses pembelajaran mereka. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan dan pendampingan diberikan kepada guru dalam menggunakan sistem informasi manajemen secara efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Agustin, H. (2019). Sistem Informasi Manajemen dalam perspektif islam. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281
Hardiyana, A. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cirebon: Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, pp. 13–23.
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyawir. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408–1422.
Rusdiana, A., & Irfan, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 2(1), 122–125.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##