PENGARUH PENERAPAN METODE SIMAK TERKA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS II, SDN NO. 125 INPRES BULUKUNYI KAB. TAKALAR

  • Hamsiah Djafar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rosdiana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitri Sikki Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Metode, Simak Terka, Menyimak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mengevaluasi dampak dari penerapan metode simak terka terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, khususnya dalam konteks materi teks deskripsi. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain pre-eksperimental design one grup pre-test post-test. Partisipasi melibatkan seluruh peserta didik kelas II, yang berjumlah 23 orang, sebagai populasi studi. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah implementasi metode simak terka. Sebelumnya, rata-rata hasil belajar sebesar 40,78 tergolong dalam kategori sedang, namun setelah penerapan metode tersebut, rata-rata nilai meningkat menjadi 74,87, masuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis secara tegas memperkuat temuan bahwa perbedaan antara nilai pre-test dan post-test adalah signifikan. Teknik analisis, baik yang bersifat deskriptif maupun inferensial, secara konsisten mendukung kesimpulan bahwa penerapan metode simak terka memberikan dampak positif yang nyata terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di kalangan peserta didik kelas II. Temuan ini memberikan indikasi bahwa metode simak terka dapat dianggap sebagai alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks deskripsi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alpian, Y., & Wulan, S. A. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Getteng, R. A., & Rosdiana. (2020). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Munawar, A. A., Marjuni, A., & Munirah. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Al- Karimah Tanrung Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 85–91.

Prameswari, J. Y. (2017). Peran UUD Nomor 24 Tahun 2009 terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 103–108. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/1596/1260

Saat, S., & Manis, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian (Cet. II). Makassar: Pusakan Almaida.

Sari, D. M., & Rukmi, A. S. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Simak Terka terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas I. JPGSD, 3(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B) (Cet. XX). Bandung: Alfabeta.

Suprihartiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 72–82.

Diterbitkan
2024-01-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 66 times