IMPLEMENTASI EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PADA PROGRAM PELATIHAN TEKNIK TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP
Abstrak
Peningkatan profesionalisme guru ditandai dengan peningkatan kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu kompetensi pedagogik yang berkaitan dengan pengelolaan peserta didik, kompetensi sosial yang berkaitan dengan keterampilan komunikasi dan kompetensi profesional yang berkaitan dengan kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pembelajaran sedang belajar. Praktek shalat adalah keterampilan yang harus dipupuk oleh guru. Guru yang mengajar siswa SMP harus kreatif dalam pendekatan mereka untuk mengajar, melibatkan dan memotivasi siswa mereka. Jadikan praktek dengan detail yang jelas. Jika Anda memiliki materi tentang shalat dengan gambar yang jelas dan detail yang menarik, para siswa selalu senang ketika guru meluangkan waktu untuk menjelaskan tata cara shalat dengan sangat detail. Mengetahui tata cara shalat yang baik, seorang guru harus memiliki pemahaman yang mendalam dan terampil dalam menggunakan berbagai teknik dan memiliki penampilan panggung yang baik yang biasanya menampilkan unsur magis dan dimaksudkan untuk kebaikan siswa itu sendiri. Hal ini kemudian diturunkan dari generasi ke generasi. Mereka biasanya memiliki unsur magis atau supernatural dan seringkali mengajarkan pelajaran agama Islam.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Huda, M. (2011). Cooperative learning . . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joshi, A, Kale, S, Chandel, S, & Pall, D. K. (2015). Scale like. rt. Explored and Explained. . Br. J. Appl. Sci. Technol,, 7 (4), 396 – 403.
King, G. R. (1991). Creswell’s appreciation of Arabian architecture. . Muqarnas, , 94 – 102.
Kirkpatrick, D. L. (2009). Implementing the four levels: A practical guide for effective evaluationof training programs. : Easyread super large 24pt edition ReadHowYouWant. com.
Nechval, N. A, & Nechval, K. N. (2019). Tolerance limits on order statistics in future samplescoming from the two-parameter exponential distribution. . American Journal of Theoreticaland Applied Statistics,, 5 (2 – 1), 1.
Nurhayati, Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick untuk Evaluasi Program Diklat TeknisSubtantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6 (2), 170 – 187.
Ramadhon, S. (2016). Penerapan Model Empat Level Kirkpatrick dalam EvaluasiProgram Pendidikan dan Pelatihan Aparatur di Pusdiklat Migas. Swara Patra, 6(1).Utomo, A. P., & Tehupeiory, K. P. (2014). Evaluasi pelatihan dengan metode Kirkpatrickanalysis. Jurnal Telematika, 9(2), 37.
Widoyoko, E. P, Putro, E., & Budijanto. (2007). Evaluasi Program Pelatihan (Training ProgramEvaluation).Sopacua, E.Evaluasi 4 tahap dari Kirkpatrick sebagai alat dalamevaluasi pasca pelatihan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 10.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##