PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA KABUPATEN MOJOKERTO

  • Ma'mun Hanif Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
    (ID)
  • Mochammad Fachrur Rozi Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Kinerja Guru, Kepala Sekolah, Kepemimpinan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah di Kabupaten Mojokerto. Terdapat 39 SMA negeri dan swasta dengan  1.510 guru bekerja. Sekolah menengah ini terletak di 19 kecamatan. Penelitian ini mencakup hubungan kausal kuantitatif dengan metode penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, atau peninjauan dan analisis ulang terhadap penelitian-penelitian terdahulu terkait pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi guru berkorelasi positif dan signifikan dengan kepemimpinan kepala sekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Judge, T. A., & Robbins, S. P. (2015). Organizational behaviour. Edisi 16 P. Pearson.

Lapaimalai, A. S., & Fanpada, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Matap. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 194–200.

Nawawi, H. (2010). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM Press.Yogyakarta.

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2021). Pengaruh Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Bandung.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pranada Media Grup. Jakarta.

Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 47 times