PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA KABUPATEN MOJOKERTO
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah di Kabupaten Mojokerto. Terdapat 39 SMA negeri dan swasta dengan 1.510 guru bekerja. Sekolah menengah ini terletak di 19 kecamatan. Penelitian ini mencakup hubungan kausal kuantitatif dengan metode penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, atau peninjauan dan analisis ulang terhadap penelitian-penelitian terdahulu terkait pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi guru berkorelasi positif dan signifikan dengan kepemimpinan kepala sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Judge, T. A., & Robbins, S. P. (2015). Organizational behaviour. Edisi 16 P. Pearson.
Lapaimalai, A. S., & Fanpada, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Matap. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 194–200.
Nawawi, H. (2010). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM Press.Yogyakarta.
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2021). Pengaruh Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Bandung.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pranada Media Grup. Jakarta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##