PENTINGNYA PENGADAAN KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN DI MTS GUPPI SAMATA

  • Kasmawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muliati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Sucy Nabila Ali Khan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muh. Halid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Rahmat Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Pengadaan, Perpustakaan, Kartu Anggota

Abstrak

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang menyatakan bahwa setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan nasional yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengadaan kartu anggota perpustakaan di MTs Guppi Samata dengan memodifikasi dan mengganti model kartu yang lama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Pengadaan kartu anggota perpustakaan dilakukan mulai dari tahap mendesain,  pengisian data, dan mencetak kartu. Pengadaan dilakukan untuk sebagai kartu bukti bahwa seseorang adalah anggota perpustakaan dan untuk memudahkan petugas perpustakaan dalam mencatat data peminjam.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azis, Y. A. (2022). Contoh, Manfaat, dan Fungsi Kartu Perpustakaan. Retrieved from penerbitdeepublish.com. https://pengadaan.penerbitdeepublish.com/manfaat-dan-fungsi-kartu-perpustakaan/

Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Direktur Tenaga Kependidikan. (2010). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Bahan Ajar Pelatihan Tenaga Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidi.

Fadhli, R., Bustari, M., Suharyadi, A., & Firdaus, F. M. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Teori dan Praktik. Banyumas: Pena Persada.

Fahmi, A. (2016). Manajemen Perpustakaan dan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 3(1), 22–29.

Kementerian Pendidikan, Kebuadayaan, Riset, dan Teknologi. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jurnal Jupiter, 14(1), 38-42.

Perpustakaan Nasional RI. (2021). Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penerapan Kartu Anggota Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Rodin, R., Retnowati, D. A., & Sasmita, Y. P. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah (Studi pada Perpustakaan Ceria SMA N 1 Rejang Lebong). THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20414/light.v1i1.4352

Setyaningsih, R. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Banyumas: Pena Persada.

Sugono, D. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Bahasa Departemen Pendidikan Bahasa Nasional.

Suhendar, P. M. Y., & Yahya. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Suhendar, Y. (2014). Panduan Petugas Perpustakaan: Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 65 times