MENGURAI TANTANGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH: TINJAUAN DARI INPUT-PROSES-OUTPUT

  • Mardian Efendi Indonesia
    (ID)
  • Lukman Asha Indonesia
    (ID)
  • Deri Wanto Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Tantangan Manajemen, Kualitas, Pendidikan Madrasah, Proses Pendidikan

Abstrak

Pencapaian mutu dan kualitas dalam lembaga pendidikan dapat terwujud melalui implementasi manajemen yang efektif. Dalam pelaksanaan manajemen ini, lembaga pendidikan sering dihadapkan pada berbagai masalah terkait dengan mutu dan kualitas input-proses-output. Penelitian ini dilaksanakan dengan menitikberatkan pada analisis masalah yang muncul di institusi pendidikan khususnya madrasah yang berkaitan dengan mutu dan kualitas. Memahami masalah yang ada memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga untuk meningkatkan manajemen mutu dan kualitas di madrasah masa yang akan mendatang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Penelitian ini mengindikasikan bahwa tantangan dalam manajemen mutu dan kualitas madrasah meliputi: rendahnya standar kualifikasi pendidik, kinerja pendidik yang belum mencapai potensi maksimal, kerusakan pada infrastruktur dan fasilitas, kekurangan tenaga pendidik, ketersediaan dan kualitas sumber belajar yang belum optimal, pembatasan sumber daya keuangan, kinerja pengawasan yang belum optimal, serta kurangnya kompetensi dalam manajemen struktural.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Atmanto, E. N., & Muzayanah, U. (2020). Sikat Toleransi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Jurnal Smart Volume, 6(2).

Busrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Efferi, A. (2012). Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Keterbatasan Anggaran. Idea Pres.Yogyakarta.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Penerbit Kaukaba. Yogyakarta.

Kurniawan, S. (2017). Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 25–36. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.111.

Masuko, N. M. and R. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah DanMotivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Jurnal Smart, 2(1).

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 30–50. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490

Muhadjir, N. (1987). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bayu Indra Grafika.Yogyakarta.

Mutohar, & Masrokan, P. (2013). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu Dan Daya Saing, Lembaga Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Nawawi, H. (1994). Penelitian Terapan. Gadjah Mada University Pers.Yogyakarta.

Priatna, T. (2018). Inovasi Pembelajaran PAI Di Sekolah Pada Era Disruptive Innovation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 16–41.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Manajemen Sekolah. Tarbawi:Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 73–90.

Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta Bandung. Bandung.

Saimroh. (2020). Pembentukan Karakter Kemandirian Santri Pada Madrasah Berbasis Pesantren Di Madrasah Aliyah Al-Hamidiyah Jawa Barat. Jurnal Smart, 6(2).

Zamroni. (2007). Meningkatkan Mutu Sekolah: Teori Strategi Dan Prosedur. PSAP Muhammadiyah. Jakarta.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Gavin Kalam Utama.Yogyakarta.

Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 71 times