PENATAAN BUKU DAN POJOK BACA PERPUSTAKAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MANGGARUPI KABUPATEN GOWA

  • Alwan Suban Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Lisa Nursita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Musfita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nurul Isnaeni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Sri Rahayu Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Penataan, Pojok Baca, Perpustakaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menyelenggarakan perpustakaan yang merupakan faktor pendukung keberhasilan pendidikan. Metode kualitatif dengan pendekatan desain Service Learning yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kondisi perpustakaan belum mampu menunjang pembelajaran siswa di MI Manggarupi karena luas perpustakaan yang tidak sesuai dengan luas perpustakaan yang ideal. Langkah awal yang dilakukan adalah menyusun buku sesuai kelas dan mata pelajaran. Melalui Service Learning ini kita dapat memaknai penataan buku dan sudut baca yang kondisinya masih belum sesuai dengan standar perpustakaan pada umumnya. Hasil dari Service Learning ini adalah buku-buku ditata sesuai kelas dan mata pelajaran, diisi dengan buku-buku yang sudah distempel sesuai kurikulum sekolah yang berlaku, meja sudut baca yang  rusak pun diganti.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agung Rimba Kurniawan, D. S. (vol. 3 No. 2 Desember 2019). Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 48-57.
Budiywono, E. (Vol. 7 No.1 September 2015). Manfaat Penataan Ruang di Perpustakaan Al-Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 127-140.
Faris Faza Ghaniyyu, N. H. (Vol. 8 No. 1 2020). Implementasi Konsep Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Penguatan Konsep Dasar Hukum Penataan Ruang berdasarkan Fungsi Lingkungan Hidup. Padjadjaran Law Review, 22-39.
M. Azwar, A. N. (Desember 2016). Manajemen Tata Ruang Perpustakaan Pesantren Madani Alauddin Pao-pao Makassar. Al-Maktabah Vol.15 , 57-70.
Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jupiter Vol.XIV No.1, 38-42.
Panji Hidayatulloh, A. S. (Vol.1 No.1 Juli 2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui kegiatan Pojok Baca di SD Muhamadiyah plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 6-11.
Ratmono, D. (2019). Konsep dan Perencanaan Pojok Baca Ombudsman Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Pengetahuan Masyarakat di Indonesia Terhadap Ombudsman RI . MADIKA (Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan Vol,5 No.1, 30-41.
Rokan, M. R. (Mei 2017). Manajemen Perpustkaan sekolah. Jurnal iqra' Volume 11 No.1 , 88-100.
Wayan Dhanur Jaya, I. P. (2015). Kajian Tata Ruang Perpustakaan Institut Seni Indonesia. Jurnal Fakultas Ilmu Sosia dan Ilmu Politik Universitas Udayana, 1-10.
Welly Deanoari Anugrah, A. F. (Vol.9 No. 2 Juli 2022). Peran Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya , 93-98.
Wibisono, M. S. (2021). Fungsi Perpustakaan Secara Umum. Perpustakaan UNDIP, 1-6.
Widiasa, I. K. (April 2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan Sekolah , 1-14.
Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 60 times