THE EFFECTIVENESS OF COLLABORATIVE WRITING TO IMPROVE THE STUDENTS' WRITING SKILL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah menulis kolaboratif efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa atau tidak dan untuk mengetahui persepsi siswa tentang menulis kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Majene. Peneliti menggunakan metode penelitian campuran. Peneliti menggunakan tes untuk mengumpulkan data tentang kemampuan menulis teks deskriptif dan wawancara sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data tentang sejauh mana pengaruh menulis kolaboratif terhadap motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar. Teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk menganalisis data kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penulisan kolaboratif terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji skor N-Gain yang dianalisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain untuk kelompok eksperimen (menulis kolaboratif) adalah 52,5034. Hal ini termasuk kategori kurang efektif dengan nilai N-Gain minimal 36,17% dan nilai maksimal 66,67%, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh cooperative writing terhadap motivasi belajar siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan kategori kurang. efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).