THE EFFECTIVENESS OF COLLABORATIVE WRITING TO IMPROVE THE STUDENTS' WRITING SKILL

  • Sukmawati Yasim Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • musdaria usdaria Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Amrang
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah menulis kolaboratif efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa atau tidak dan untuk mengetahui persepsi siswa tentang menulis kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Majene. Peneliti menggunakan metode penelitian campuran. Peneliti menggunakan tes untuk mengumpulkan data tentang kemampuan menulis teks deskriptif dan wawancara sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data tentang sejauh mana pengaruh menulis kolaboratif terhadap motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar. Teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk menganalisis data kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penulisan kolaboratif terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji skor N-Gain yang dianalisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain untuk kelompok eksperimen (menulis kolaboratif) adalah 52,5034. Hal ini termasuk kategori kurang efektif dengan nilai N-Gain minimal 36,17% dan nilai maksimal 66,67%, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh cooperative writing terhadap motivasi belajar siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan kategori kurang. efektif.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Volume 2, Number 03, December 2022
Abstrak viewed = 152 times