THE ENGLISH TEACHER TECHNIQUES IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMKN 1 MAMASA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris dalam pengajaran membaca pemahaman, (2) apakah teknik pengajaran tersebut efektif diterapkan dalam pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 guru dan siswa Bahasa Inggris yang terdiri dari 4 kelas untuk observasi, dan 10 siswa per kelas untuk wawancara di SMKN 1 MAMASA. Yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dalam empat tahapan utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, (1) ada empat teknik yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar pemahaman, yaitu teknik read aloud (membaca bersama-sama/membaca dengan keras satu per satu), membaca berulang-ulang, menjawab pertanyaan, dan memperkaya kosa kata melalui penerjemahan dan menghafal, (2) ketika guru mengajar dengan teknik tersebut siswa menjadi antusias belajar, aktif, berpartisipasi, mampu memahami isi bacaan, dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Jadi keempat guru menerapkan semua teknik secara efektif dalam mengajar pemahaman bacaan dan berdasarkan tanggapan siswa semua teknik yang diterapkan lebih dari 80% efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).