THE ENGLISH TEACHER TECHNIQUES IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMKN 1 MAMASA

  • Catherine Wirana S. Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Ahmad Munawir Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Andi Mega Januarti Putri Universitas Sulawesi Barat
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-4120-263X

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris dalam pengajaran membaca pemahaman, (2) apakah teknik pengajaran tersebut efektif diterapkan dalam pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 guru dan siswa Bahasa Inggris yang terdiri dari 4 kelas untuk observasi, dan 10 siswa per kelas untuk wawancara di SMKN 1 MAMASA. Yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dalam empat tahapan utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, (1) ada empat teknik yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar pemahaman, yaitu teknik read aloud (membaca bersama-sama/membaca dengan keras satu per satu), membaca berulang-ulang, menjawab pertanyaan, dan memperkaya kosa kata melalui penerjemahan dan menghafal, (2) ketika guru mengajar dengan teknik tersebut siswa menjadi antusias belajar, aktif, berpartisipasi, mampu memahami isi bacaan, dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Jadi keempat guru menerapkan semua teknik secara efektif dalam mengajar pemahaman bacaan dan berdasarkan tanggapan siswa semua teknik yang diterapkan lebih dari 80% efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

English Education Department

Faculty of education and Teacher Training

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Volume 2, Number 03, December 2022
Abstrak viewed = 112 times