THE ANALYSIS OF TEACHER’S TALK AND LEARNERS’ TALK IN CLASSROOM INTERACTION
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pembicaraan guru yang terjadi dalam kelas interkasi dan jenis pembicaraan peserta didik yang terjadi dalam kelas. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas satu SMPN 1 Majene. Peneliti menggunakan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Instrumen penelitiannya adalah observasi yang digunakan dalam observasi kelas selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) Jenis tuturan guru yang terjadi dalam interaksi kelas di kelas I SMPN 1 MAJENE meliputi dua pengaruh yaitu pengaruh tidak langsung antara lain berhubungan dengan perasaan, memuji atau menyemangati, bercanda, menggunakan gagasan siswa, mengulangi kata-kata siswa, dan mengajukan pertanyaan; dan pengaruh langsung meliputi pemberian informasi, koreksi tanpa penolakan, pemberian arahan, dan kritik terhadap perilaku siswa; (2) Jenis pembicaraan peserta didik yang terjadi dalam interaksi kelas di kelas I SMPN 1 MAJENE meliputi respon dan keheningan atau kebingungan.
Kata Kunci: Pembicaraan Guru, Pembicaraan Peserta Didik, Interaksi Kelas
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).