THE ANALYSIS OF TEACHER’S TALK AND LEARNERS’ TALK IN CLASSROOM INTERACTION

  • Nur Husnil Khatimah Sulawesi Barat University
    (ID)
  • Ahmad Junaedi Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Wahyuni Wahyuni
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pembicaraan guru yang terjadi dalam kelas interkasi dan jenis pembicaraan peserta didik yang terjadi dalam kelas. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas satu SMPN 1 Majene. Peneliti menggunakan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Instrumen penelitiannya adalah observasi yang digunakan dalam observasi kelas selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) Jenis tuturan guru yang terjadi dalam interaksi kelas di kelas I SMPN 1 MAJENE meliputi dua pengaruh yaitu pengaruh tidak langsung antara lain berhubungan dengan perasaan, memuji atau menyemangati, bercanda, menggunakan gagasan siswa, mengulangi kata-kata siswa, dan mengajukan pertanyaan; dan pengaruh langsung meliputi pemberian informasi, koreksi tanpa penolakan, pemberian arahan, dan kritik terhadap perilaku siswa; (2) Jenis pembicaraan peserta didik yang terjadi dalam interaksi kelas di kelas I SMPN 1 MAJENE meliputi respon dan keheningan atau kebingungan.

 

Kata Kunci: Pembicaraan Guru, Pembicaraan Peserta Didik, Interaksi Kelas

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Volume 3, Number 03, December 2023
Abstrak viewed = 46 times