Decoding Mistakes: An Insightful Study on Students' Errors in Writing Recount Texts
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis kesalahan yang ditemukan dalam penulisan teks recount di SMA Negeri 3 Pangkep dan untuk mengidentifikasi kesalahan yang paling sering terjadi ketika siswa menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pangkep. Para peneliti menggunakan pendekatan metode campuran, yang terdiri dari metode kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI, yang terdiri dari enam kelas: XI IPA 1 (32 siswa), XI IPA 2 (31 siswa), XI IPA 3 (32 siswa), XI IPA 4 (30 siswa), XI IPS 1 (35 siswa), dan XI IPS 2 (32 siswa). Jumlah total siswa adalah 192. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 1, yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian ini, merujuk pada klasifikasi oleh Betty S. Azar, menunjukkan bahwa jumlah total kesalahan adalah 370. Dua jenis kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan pada penggunaan bentuk kata kerja (verb tense errors) dengan 73 kesalahan (16% dari total), diikuti oleh kesalahan pemilihan kata (word choice errors) dengan 38 kesalahan (13,9% dari total).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).