Decoding Mistakes: An Insightful Study on Students' Errors in Writing Recount Texts

  • Rahmayanti A Arsjad Universitas Muslim Maros
    (ID)
  • Isnaeni Wahab Universitas Muslim Maros
    (ID)
  • Novalia Tanasy Universitas Muslim Maros
    (ID)
  • Zul Astri Universitas Muslim Maros
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis kesalahan yang ditemukan dalam penulisan teks recount di SMA Negeri 3 Pangkep dan untuk mengidentifikasi kesalahan yang paling sering terjadi ketika siswa menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pangkep. Para peneliti menggunakan pendekatan metode campuran, yang terdiri dari metode kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI, yang terdiri dari enam kelas: XI IPA 1 (32 siswa), XI IPA 2 (31 siswa), XI IPA 3 (32 siswa), XI IPA 4 (30 siswa), XI IPS 1 (35 siswa), dan XI IPS 2 (32 siswa). Jumlah total siswa adalah 192. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 1, yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian ini, merujuk pada klasifikasi oleh Betty S. Azar, menunjukkan bahwa jumlah total kesalahan adalah 370. Dua jenis kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan pada penggunaan bentuk kata kerja (verb tense errors) dengan 73 kesalahan (16% dari total), diikuti oleh kesalahan pemilihan kata (word choice errors) dengan 38 kesalahan (13,9% dari total).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-11-26
Bagian
Volume 4, Number 02, August 2024
Abstrak viewed = 55 times