Kolaborasi Media QR Code with Padlet dalam Membangun Keaktifan Peserta Didik pada Mapel Sejarah di MAN Lumajang
Abstract
Tujuan artikel ini untuk menunjukkan dampak positif kolaborasi media QR Code with Padlet dalam membangun keaktifan peserta didik pada mapel sejarah di MAN Lumajang. Metode yang digunakan yakni studi pustaka dengan menggunakan analisis deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi media QR Code with Padlet terbukti memberikan dampak positif untuk peserta didik karena menambah pengetahuan tentang inovasi baru dalam proses pembelajaran sejarah. Dengan adanya media teknologi pembelajaran membuat guru lebih kreatif dan inovatif di kelas sehingga dapat membawa warna baru dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih bervariasi dan menyenangkan.
References
Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 11-18.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniasih,Imas. (2018). Guru Zaman Now. Tangerang:Kata Pena.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung:Alfabeta.
Nafisah, D & Abdul, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144-152.
Nugraha, P & Rinaldi, M. (2011). Pengembangan aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari data Berbentuk Image. Konferensi Nasional Informatika (KNIF), 148-155.
Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
Sanuhung, Fitriyani dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20-28. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352.
Setyowati, R & Firmansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1), 14-17.
Copyright (c) 2024 Nova Artika Desty Dyokta, Icha Fara Diba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.