Kolaborasi Media QR Code with Padlet dalam Membangun Keaktifan Peserta Didik pada Mapel Sejarah di MAN Lumajang

  • Nova Artika Desty Dyokta MAN Lumajang
    (ID)
  • Icha Fara Diba MTs Alif Laam Miim Surabaya
    (ID)
Keywords: media pembelajaran, QR Code, padlet

Abstract

Tujuan artikel ini untuk menunjukkan dampak positif kolaborasi media QR Code with Padlet dalam membangun keaktifan peserta didik pada mapel sejarah di MAN Lumajang. Metode yang digunakan yakni studi pustaka dengan menggunakan analisis deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi media QR Code with Padlet terbukti memberikan dampak positif untuk peserta didik karena menambah pengetahuan tentang inovasi baru dalam proses pembelajaran sejarah. Dengan adanya media teknologi pembelajaran membuat guru lebih kreatif dan inovatif di kelas sehingga dapat membawa warna baru dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih bervariasi dan menyenangkan.

References

Ambarita, E. (2021). Belajar dari Rumah (BDR) menggunakan Padlet Alternatif E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMAN 56 Jakarta). Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(1), 30-36. https://doi.org/10.47387/jira.v2il.70
Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 11-18.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniasih,Imas. (2018). Guru Zaman Now. Tangerang:Kata Pena.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung:Alfabeta.
Nafisah, D & Abdul, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144-152.
Nugraha, P & Rinaldi, M. (2011). Pengembangan aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari data Berbentuk Image. Konferensi Nasional Informatika (KNIF), 148-155.
Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
Sanuhung, Fitriyani dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20-28. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352.
Setyowati, R & Firmansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1), 14-17.
Published
2024-01-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 84 times