Isma’ Sebagai Media Keterampilan Menyimak Berbasis Android untuk Siswa Kelas X

  • Siti Jubaidah MA Shirothul Fuqoha
    (ID)
  • Sulistyowati MA Shirothul Fuqoha
    (ID)
  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Awaliah Musgamy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: media pembelajaran, menyimak, android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan ISMA” sebagai media keterampilan menyimak berbasis android untuk siswa kelas X di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’, (2) mengetahui efektivitas media ISMA’. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg dan Gall. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah: (1) ketersediaan bahan ajar istima’ berbasis android untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah. Media tersebut mencakup kompetensi dasar, kosa kata, materi, permainan, dan informasi mengenai program, (2) Media Isma’ berbasis android merupakan media yang efektif berdasarkan hasil Uji T pada pretes dan postes. T hitung (5.21) lebih besar dari t tabel (2.04), dan berdasarkan pada hasil angket siswa 84,53% (sangat efektif).

References

Ali, U. (1986). Al-wasail al-ta’liimiyyah i’daaduha ,thuruqu istikhdaamiha. Dar-al-Ihya’.
Amrullah, M. Z. (2017). Tathwiir al-Maaddah al-Iliktruniyah fi Manhaj 2013 bi-istikhdaami Android li tarqiyati maharah al-Istima’. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Asrori, I. & M. A. (2015). Media Pembelajaran Bahasa Arab. CV. Bintang Sejahtera.
Aziz, N. M. (1983). al-Lu’bah al-Lughowiyah fi ta’liim al-Lughah. Darul Marikh.
Effendy, F. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang. Misykat.
Hasan, H. (2018). KETERAMPILAN MENGAJAR BAHASA ARAB MATERI ISTIMA MENGGUNAKAN MEDIA LAGU. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 127. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.7
Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.
Kamaruddin, S. F., Daneil, I. L., Rijeng, J. S., Bohari, M. M., & Eng, T. H. (2019). The impact of listening and speaking anxieties on the Fourth Industrial Revolution: What can educators do? Journal of Language and Communication, 6(1), 115–129.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG DI ERA DIGITAL. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867
Sastry, M. M., & Joy., A. S. (2016). Improving Listening Skills for Cracking Versant English Test: A Case Study in the Use of Smartphones for Language Learning. International Journal of English: Literature, Language & Skills (IJELLS), 5(1), 001–119. https://doi.org/www.ijells.com
Shehata, H. (1993). Ta’liim al-Lughah al-’Arabiyah baina Nadhariyah wa al-tathbiiq. al-Daar al-Misriyah al-Lubnaniyah.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Taubah, M., & Dhaifi, I. (2020). Reseptif dan Produktif dalam Bahasa Arab. Jurnal Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 49–55.
Wijaya, I. S., & Pimada, L. H. (2019). Ta’lim al-Imla’ bi Al-Wasait al-Muta’addodah li Tarqiyati Maharah al-Kitabah fi al-Lughah al-’Arabiyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 11(2), 194–213. https://doi.org/10.24042/albayan.v
Yunus, F. A. & M. A. R. (2003). Al-Marja’ fii Ta’liim al-Lughah al-’Arabiyah li al-Ajaanib. Maktabah Wahbah.
Published
2024-01-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 34 times