Studi Komparasi Penggunaan Peta Konvensional dan Google Maps dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Peta Persebaran Bahasa dan Dialek pada Peserta Didik Kelas XI Bahasa MAN Kotawaringin Timur

  • Renny Veronika Marbun MAN Kotawaringin Timur
    (ID)
  • Achmad Farichin Kanwil Kemenag Kalteng
    (ID)
Keywords: peta konvensional, google maps, hasil belajar, persebaran, bahasa dan dialek

Abstract

Dalam proses pembelajaran, sering muncul permasalahan rendahnya minat peserta didik terhadap materi, terutama dalam ilmu sosial seperti antropologi. Stereotip negatif yang menganggap ilmu sosial membosankan dan memerlukan kemampuan menghafal tinggi telah mempengaruhi motivasi peserta didik. Studi berjudul "Studi Komparasi Penggunaan Peta Konvensional dan Google Maps Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Peta Persebaran Bahasa dan Dialek Pada Peserta Didik Kelas XI Bahasa MAN Kotawaringin Timur”, bertujuan mengatasi permasalahan. Penelitian berfokus pada pemahaman kognitif tentang persebaran bahasa dan dialek yang seringkali terbatas pada pemahaman dasar. Kendala tersebut meliputi kesulitan memahami konsep persebaran rumpun bahasa, dialek serta keterbatasan dalam kemampuan visualisasi. Sebelumnya, penggunaan peta konvensional sebagai media pembelajaran dianggap kurang efektif, namun dalam penelitian ini, google maps selain sebagai user interface juga menjadi alternatif yang menyediakan berbagai fitur seperti peta, tampilan jalan, dan foto untuk membantu peserta didik memahami dan menggambarkan keragaman suku bangsa di Indonesia, khususnya dalam bahasa dan dialek. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar, dengan sebagian besar peserta didik meraih nilai tinggi. Data menunjukkan bahwa penggunaan google maps sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap materi ilmu sosial. Hasil studi berpotensi mengatasi permasalahan dalam pembelajaran ilmu sosial dan meningkatkan efektivitas serta daya tarik metode pembelajaran.

References

Kelen, W.M.D.E.L. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Spanning Tree dengan Bantuan Aplikasi Google Maps. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 127-139. http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp127-139
Kusniyanto, Y., Wiyanto, C.A. (2019). Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2).
Published
2024-01-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 26 times