Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Zakat di Kelas V UPT SDN 26 Tamanroja

  • Hasan UPT SDN 26 Tamanroja
    (ID)
  • Marjuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Husnul Khatimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Zakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat di kelas V UPT SDN 26 Tamanroja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep zakat, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta meningkatkan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model ini efektif dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, khususnya materi zakat, di kelas V.

References

Lutfania, Fauzah. “Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Di Sekolah Dasar Negeri Argosari 01 Jabung-Malang.” Skripsi Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.
Manzilati. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, Dan Aplikasi. Malang: UB Press, 2017.
Munthe, Mondang. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Kurikulum Ditinjau Dari Sudut Manajerial.” Jurnal Pendidikan 14, no. 2 (2020): 269–79.
Rahman, H. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Interaktif.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018, 36.
Ramadhanti, Auliya, Kholilah Kholilah, Riska Fitriani, Endah Febri Setiya Rini, and Maharani Rizky Pratiwi. “Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA Di SMAN 1 Kota Jambi.” Journal Evaluation in Education (JEE) 3, no. 2 (2022): 60–65. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.246.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2011.
Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukmadinata, Nana S. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, 1995.
Syah, M. Psikologi Belajar: Teori Dan Praktik Edisi Ke 2. Rajawali, 2011.
Published
2024-01-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 6 times