Analisis Kandungan Kimia pada Sumur Gali Masyarakat Desa Pagerwojo di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

  • Rizqi Widi Rahmadani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)

Abstract

Desa Pagerwojo terletak pada Kecamatan Buduran di Kabupaten Sidoarjo. Mayoritas  masyarakat desa memanfaatkan sumur gali yang merupakan sumber air utama untuk keperluan sehari-hari. Berdasarkan survei di lapangan sebagian masyarakat mengeluh dengan kualitas air sumur yang digunakan terutama bau dan menimbulkan bercak kuning pada peralatan rumah tangga. Tujuan diadakan penelitian untuk mengetahui kualitas kandungan kimia pada air sumur. Hasil uji kualitas air dibandingkan dengan baku mutu Permenkes No. 32 Tahun 2017 tentang higiene sanitasi. Metode dalam penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Titik sampling sumur gali menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah 6 (enam) titik sumur gali. Pengambilan jumlah sampel air sumur dilakukan satu kali sesaat pada setiap titik. Parameter pengujian air sumur yakni derajat keasaman (pH), mangan, besi (Fe), dan kesadahan. Hasil penelitian ditemukan parameter mangan yang melampaui baku mutu pada 2 (dua) titik sampling. Titik sampling pertama sumur gali yang terletak dekat timbunan sampah <1 meter dengan konsentrasi 1.70 mg/l  dan titik sampling kedua  sumur gali yang terletak dekat industri rumah lidah buaya <2 meter dengan konsentrasi 0.90 mg/l.

Author Biography

Rizqi Widi Rahmadani, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jurusan Teknik Lingkungan

References

Awliahasanah, R., Sari, D. N., Azrinindita, E. D., Ghassani, D., Yanti, D., Maulidia, N. S., & Sulistiyorini, D. (2021). Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Kandungan Mangan Pada Air Sumur Warga Kota Depok. 7.

Badan Pusat Statistik. (2017). Kabupaten Sidoarjo dalam Angka 2017 (hlm. 1–401). Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2020). Kecamatan Buduran Dalam Angka 2020 (hlm. 1–82). Badan Pusat Statistik.

Evana, E., & Achmad, D. V. N. (2018). Tingkat Kesadahan Air Sumur di Dusun Gelaran 01 Desa Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul, Yogyakarta. Fullerene Journal of Chemistry, 3(2), 75.

Hapsari, D. (2015). Kajian Kualitas Air Sumur Gali dan Perilaku Masyarakat di Sekitar Pabrik Semen Kelurahan Karangtalun Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 7(1), 18–28.

Idaman Said, N. (2008). Kualitas air dan Kesehatan Masyarakat. BPPT.

Indrawan, I. (2020). Pemetaan Kualitas Air Sumur Bor Di Kecamatan medan Sunggal kota Medan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) (hlm. 65). Universitas Sumatera Utara.

Misa, A., Duka, R. S., Layuk, S., & Kawatu, Y. T. (2019). Hubungan Kedalaman Sumur Bor Dengan Kadar Besi (Fe) Dan Mangan (Mn) Di Kelurahan Malendeng Kecamatan Paal 2 Kota Manado. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(1), 62–68.

Sasongko, E. B., Widyastuti, E., & Priyono, R. E. (2014). Kajian Kualitas Air Dan Penggunaan Sumur Gali Oleh Masyarakat Di Sekitar Sungai Kaliyasa Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmu Lingkungan, 12(2), 72.

Sriana, I. (2018). Penentuan Kadar Besi (Fe) Timbal (Pb) Dan Mangan (Mn) Pada Air Sumur Yang Terdapat Di Daerah Ban Ban Kutacane Aceh Tenggara Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom (hlm. 60).

Published
2023-01-09
How to Cite
Rahmadani, R. W. (2023). Analisis Kandungan Kimia pada Sumur Gali Masyarakat Desa Pagerwojo di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(2), 86-90. https://doi.org/10.24252/higiene.v8i2.27010
Abstract viewed = 271 times