Kalibrasi Arah Kiblat Masjid dan Kuburan dengan Qiblat Tracker di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng

  • adrian prasetyo putra ansyar UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Halimah Halimah B UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Arah kiblat merupakan hal yang sangat fundamental karena berkaitan dengan ibadah. Ibadah yang dimaksud disini adalah shalat, shalat ada sesuatu hal yang wajib hukumnya untuk dikerjakan bagi umat muslim yang sudah baligh. Para ulama telah bersepakat bahwa keabsahan shalat ditentukan oleh ketepatan menghadap arah kiblat, sehingga jika arah kiblatnya tidak tepat, maka shalatnya bisa dikatakan tidak sah. Arah kiblat adalah arah atau jarak terdekat sepanjang lingkaran besar yang melewati Kota Mekkah (Ka’bah) dengan tempat kota yang bersangkutan.

Maka perlu disepakati bahwa bagi yang berada di dalam masjidil haram maka kiblatnya adalah Ka’bah, bagi yang berada di luar masjidil haram (di kota mekkah) maka kiblatnya masjidil haram, sedangkan bagi yang berada di luar kota mekkah maka kiblatnya cukup menghadap ke kota mekkah saja. Qiblat tracker merupakan alat yang dipergunakan untuk mengukur arah kiblat. Para petugas pengukur arah kiblat sangat berharap dengan bantuan alat ini dapat membantu dan meringankan beban mereka ketika membantu masyarakat.

Alat ini dapat digunakan dengan 2 mode, mode kompas dan mode jam matahari. Qiblat Tracker juga dapat digunakan untuk mengukur arah kiblat dengan berbagai bantuan, salah satunya dengan bantuan posisi arah utara sejati, cara menentukannya dengan melihat bulan, bintang, matahari, dan planet. Serta juga dapat bekerja dengan bantuan kompas. Dengan alat ini, diharapkan bahwa dapat membantu masyrakat dalam pengukuran arah kiblat masjid dan kuburan.

            Dari penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa secara keseluruhan arah kiblat masjid di Kecamatan Liliriaja sudah benar dan tepat. Ada beberapa yang agak miring akan tetapi tidak melewati batas standarisasi maksudnya ada beberapa masjid yang tidak tepat sehingga beda 2-3 derajat tapi itu tidak menjadi permasalahan karena itu masih dalam lingkup wilayah Arab Saudi tidak keluar ke negara-negara yang ada disebelahnya. Sedangkan untuk arah kiblat kuburan secara keseluruhan agak miring sehingga ada beberapa yang mesti diluruskan.

            Masyarakat memahami bahwa arah kiblat itu sangat penting sehingga masyarakat merasa sangat terbantu dengan dilakukannya kalibrasi atau uji akurasi ulang arah kiblat masjid dan pemakaman yang ada di wilayah mereka. Pengkuran ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan menjaga nilai-nilai ibadah serta kemaslahatan umat muslim.

Author Biographies

adrian prasetyo putra ansyar, UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa Ilmu Falak Angkatan 2016
Halimah Halimah B, UIN Alauddin Makassar
Dr. Fatmawati, M.Ag. Ketua Jurusan Ilmu Falak, Fakultas Syariah dan Hukum

References

Alimuddin. Ilmu Falak: Perhitungan tentang Arah Kiblat, Waktu-waktu Shalat, Awal Bulan Kamariyah, Penanggalan dan Perbandinagn Tarikh, Makassar: Unismuh,2016.

Azhari, Susiknan. Ensiklopedia Hukum Islam, Jakarta: PT. Ictiar Baru Van Hoeve, 1996.

Dahlan, Abdul Aziz. Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1997.

Efendy, Mochtar. Ensiklopedi Agama dan Filsafat, Palembang: Universitas Sriwijaya,2001.

Fatmawati, Ilmu Falak, Bone: Syahadah, 2016.

Izzudin, Ahmad. Ilmu Falak Praktis, Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2012.

Jumso, Uum. Ilmu Falak Panduan Praktis Menentukan Hilal, Bandung: Humaniora, 2009.

Kadir, Abdul. Cara Praktis Menentukan Arah Kiblat Masjid, Palu: Yamura Press, 2004.

Kadir, Andi. Fiqh Qiblat, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2012.

________. Formula Baru Ilmu Falak, Jakarta: Amzah, 2012.

Kamaluddin, Iqbal. “Uji Akurasi Penentuan Deklinasi Matahari dengan Menggunakan I-Zun Dial” Elfalaky: Jurnal Ilmu Falak Volume III nomor II. Gowa: Fakultas

Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, 2019.

Khazin, Muhyiddin. Ilmu Falak Dalam Teori Dan Praktek, Yogyakarta: Buana Pustaka, 2004.

Khazin, Muhyiddin. Kamus Ilmu Falak, Yogyakarta: Buana Pustaka, 2005.

Published
2020-11-12
How to Cite
putra ansyar, adrian prasetyo, & Halimah B, H. (2020). Kalibrasi Arah Kiblat Masjid dan Kuburan dengan Qiblat Tracker di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. HISABUNA: Jurnal Ilmu Falak, 1(2), 171-185. https://doi.org/10.24252/hisabuna.v1i2.12624
Section
Artikel
Abstract viewed = 802 times