PENGARUH HUMAN EROR TERHADAP AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI KELURAHAN TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

  • Supriadi Supriadi Nur UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zuhlas’ari Mustafa UIN Alauddin Makassar

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh human eror terhadap akurasi arah kiblat masjid di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? Pokok masalah tersebut kemudian dibagi ke dalam beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana akurasi arah kiblat masjid di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?, 2) Apa penyebab terjadinya Human Eror terhadap akurasi arah kiblat masjid di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?

Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian field research dengan metode kualitatif. Serta peneliti menggunakan pendekatan syar’i dan sosial. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, dalam pengolahan data, pada penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu: peringkasan data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir.

Dalam penelitian ini, Tingkat keakurasian arah kiblat masjid di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, yakni dari 10 masjid yang dilakukan uji akurasi, terdapat 6 masjid yang memiliki posisi arah kiblat yang akurat yakni: Masjid Al-Ikhlas, Masjid Nur Khalifa, Masjid Rahmatullah, Masjid Tamarunang Indah, Masjid Hayat Kamal, Masjid Al-Mukminim,  selain itu terdapat 4 masjid yang memiliki arah kiblat tidak akurat atau memiliki posisi arah kiblat yang melenceng tidak tepat mengarah ke kakbah yakni: Masjid Jabal Taqwa, Masjid Nurul Istiqomah, Masjid Al-Ansyar, dan Masjid Nurul Mu’minim. Selain itu beberapa faktor penyebab terjadinya human eror dalam penentuan arah kiblat masjid di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa disebabkan tiga faktor utama yaitu: faktor manusia, faktor alat, dan faktor alam.

Adapun implikasi pada penelitian ini Diharakan kepada pemerintah Kabupaten Gowa, khususnya Kementerian Agama Kabupaten Gowa untuk melakukan uji akurasi arah kiblat masjid sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya memperhatikan arah kiblat.   Diharapakan kepada pengurus masjid setempat untuk lebih peka terhadap arah kiblat masjid.  Diharapkan kepada akademisi dan praktisi yang berkompeten pada bidang Ilmu Falak khususnya arah kiblat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pengukuran arah kiblat. Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk memperhatikan berbagai hal dalam penentuan arah kiblat masjid. 

Kata Kunci: Human Eror, Arah Kiblat, dan Masjid

Author Biographies

Supriadi Supriadi Nur, UIN Alauddin Makassar
Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Alauddin Makassar
Zuhlas’ari Mustafa, UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar
Published
2020-11-12
How to Cite
Nur, S. S., & Mustafa, Z. (2020). PENGARUH HUMAN EROR TERHADAP AKURASI ARAH KIBLAT MASJID DI KELURAHAN TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. HISABUNA: Jurnal Ilmu Falak, 1(2), 113-130. https://doi.org/10.24252/hisabuna.v1i2.15968
Section
Artikel
Abstract viewed = 339 times