ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2013-2017

  • Qarina Qarina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk, upah minimum regional (UMR), dan pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Sulawesi Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis data kuantitatif dengan alat analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS 24.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variable jumlah penduduk, upah minimum regional (UMR), dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Sulawesi Selatan. Dan secara pasrsial, jumlah penduduk (X1) berengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Sulawesi Selatan, Upah Minimum Regional (UMR) (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendaptan di Provinsi Sulawesi Selatan, dan pertumbuhan ekonomi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsis Sulawesi Selatan. Dari hasil regresi, nilai R- Squared (R2) sebesar 0,790. Ini berarti bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen 79% sedangkan sisanya 21% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-06
How to Cite
Qarina, Q. (2021). ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2013-2017. ICOR: Journal of Regional Economics, 2(2). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/23409
Section
Volume 2 Nomor 2 Agustus (2021)
Abstract viewed = 356 times