indonesia Pengaruh Inflasi, Upah Minimum Provinsi, Belanja Modal, dan Pengangguran Terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia

  • annisa abdullah Universitas islam negeri alauddin makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh inflasi, upah minimum, belanja modal dan pengangguran terhadap produk domestik regional bruto di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi, mengetahui pengaruh upah minimum terhadap produk domestik regional bruto, mengetahui belanja modal terhadap produk domestik regional bruto dan mengetahui pengaruh pengangguran terhadap produk domestik regional bruto di Indonesia pada tahun 2019-2021.

Penelitian ini dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia. Periode penelitian ini adalah 3 tahun dari tahun 2019 hingga tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan metode regresi data panel dan model yang terpilih adalah fixed effect model dengan menggunakan bantuan software Eviews.

Hasilnya menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap produk domestik regional bruto. Upah minimum berpengaruh positif signifikan terhadap produk domestik regional bruto. Belanja Modal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap produk domestik regional bruto dan pengangguran berpengaruh negatif signifikan terhadap produk domestik regional bruto.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-09
How to Cite
abdullah, annisa. (2023). indonesia Pengaruh Inflasi, Upah Minimum Provinsi, Belanja Modal, dan Pengangguran Terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia . ICOR: Journal of Regional Economics, 4(01), 11-22. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/36490
Section
Vol 4, No. 1 (2023)
Abstract viewed = 129 times