Pendapatan Asli Daerah, Belanja Kesehatan dan Pendidikan, serta Pertumbuhan Ekonomi sebagai Faktor Penentu Indeks Pembangunan Manusia di Sulawesi Barat

  • Syahrini Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengeluaran pemerintah sektor kesehatan, dan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2007-2023. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi pengaruh tidak langsung dari variabel-variabel tersebut terhadap IPM melalui pertumbuhan ekonomi. Menggunakan metode analisis regresi, hasil penelitian menunjukkan bahwa PAD berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Ketimpangan pendapatan antar daerah menyebabkan variasi dalam pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat. Pengeluaran pemerintah sektor kesehatan juga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi karena alokasi anggaran yang tidak tepat dan kelemahan kapasitas perencanaan. Pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, menunjukkan peningkatan kualitas manusia melalui pendidikan.

Untuk pengaruh terhadap IPM, PAD menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan, sementara pengeluaran sektor kesehatan berpengaruh negatif dan signifikan, mengindikasikan bahwa anggaran kesehatan belum memberikan dampak yang diharapkan. Sebaliknya, pengeluaran pendidikan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap IPM, meskipun perkembangan fasilitas pendidikan sudah meningkat. Pertumbuhan ekonomi juga berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap IPM. Secara tidak langsung, PAD dan pengeluaran kesehatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap IPM melalui pertumbuhan ekonomi, sementara pengeluaran pendidikan menunjukkan pengaruh positif dan tidak signifikan. Penelitian ini menunjukkan perlunya strategi alokasi anggaran yang lebih tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan IPM di Sulawesi Barat.

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Pengeluaran Pemerintah, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Sulawesi Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-31
How to Cite
Syahrini. (2024). Pendapatan Asli Daerah, Belanja Kesehatan dan Pendidikan, serta Pertumbuhan Ekonomi sebagai Faktor Penentu Indeks Pembangunan Manusia di Sulawesi Barat. ICOR: Journal of Regional Economics, 5(01), 21-43. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/51063
Section
Volume 5 Nomor 1 April (2024)
Abstract viewed = 4 times