IMPLEMENTATION OF DISCIPLINARY CULTURE IN SHAPING STUDENT CHARACTER OF MI MA’HADUL MUTA’ALLIMIN KATERBAN

  • Fitri Maisyaroh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
  • Prima Rias Wana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
Keywords: Implementation, Discipline Culture, Character Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses perencanaan budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa di Mi Ma’hadul Muta’allimin Katerban, 2) Mengetahui implementasi budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa di Mi Ma’hadul Muta’allimin Katerban, 3) Mengetahui pengaruh budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa di Mi Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas 5 di Mi Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan tentang bagaimana perencanaan budaya disiplin, bagaimana implementasi budaya disiplin, dan bagaimana pengaruh budaya disiplin. Dari data yang diperolehhasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa sudah disiapkan dengan matang yaitu dengan metode pembiasaan yang ada di Mi Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Yaitu guru kelas menemani dan mengawasi siswa saat program pembiasaan dilaksanakan , guru kelas memotivasi siswa, guru kelas melakukan pendekatan kepada siswa, guru Menyiapkan Peralatan yang dibutuhkan dll. 2) implementasi budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa sudah berjalan sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan dengan tahapan, perencanaan, implemntasi, dan pengaruh. Dalam pelaksanaan budaya disiplin terdapat beberapa kendala bagi siswa maupun guru. 3) pengaruh budaya displin dalam membentuk karkter siswa yaitu siswa lebih disiplin, bertanggung jawab dan religius. Kebiasaan yang dilaksanakan disekolah dapat dilaksanakan dirumah ketika libur sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. N., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter untuk Kelas III Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 95–108. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2647

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). 21-33. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/4312

Bitasari, W. (2018). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas IV C di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hefnay, H. (2017). Makna dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan lil‘Alamin di Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1438

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Intansari, A. (2015). Peningkatan Budaya Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Selotapak No. 424 Trawas Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Malaikosa, Y. M. L. (2021a). Penguatan Life Skills Peserta Didik dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. V(2), 300–312.

Malaikosa, Y. M. L. (2021b). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270

Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aditya Media Publishing.

Perdana, I. M. D. A. (2021). Implementasi Manajemen Pembinaan Kesiswaan dalam Membentuk Budaya Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Tutuk, N. (2011). Unifikasi Pendidikan Karakter Berbasis Agana Islam Dalam Pendidikan Sosial.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.

Ummul, J. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa: Studi Perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo.

Ummul, Jazilah. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa: Studi Perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.28495

Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Published
2022-12-21
Section
Vol 6 No 2
Abstract viewed = 212 times