IMPLEMENTASI BUDAYA DISIPLIN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI MA’HADUL MUTA’ALLIMIN KATERBAN
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Memahami proses perencanaan budaya disiplin dalam pembentukan karakter santri di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban; (2) Memahami penerapan budaya disiplin dalam membentuk karakter santri di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban; dan (3) Memahami dampak budaya disiplin dalam membentuk karakter santri di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Penyelidikan ini mengikuti metodologi deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini disusun dengan bantuan pengurus MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban, guru dan siswa kelas lima. Metode untuk mengumpulkan data yang melibatkan pengamatan orang, wawancara dan pemeliharaan catatan menyeluruh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini kemudian digunakan untuk menelaah data yang telah dikumpulkan. Budaya disiplin dapat direncanakan, diterapkan dan dipengaruhi melalui berbagai strategi. Teknik tersebut meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa sudah disiapkan dengan matang yaitu dengan metode pembiasaan yang ada di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Guru kelas menemani dan mengawasi siswa saat program pembiasaan dilaksanakan, guru kelas memotivasi siswa, guru kelas melakukan pendekatan kepada siswa, guru menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan lain-lain; (2) Implementasi budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa sudah berjalan sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan dengan tahapan, perencanaan, implemntasi dan pengaruh. Dalam pelaksanaan budaya disiplin terdapat beberapa kendala bagi siswa maupun guru; dan (3) Pengaruh budaya displin dalam membentuk karakter siswa yaitu siswa lebih disiplin, bertanggung jawab dan religius. Kebiasaan yang dilaksanakan di sekolah dapat dilaksanakan di rumah ketika libur sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aini, N. N., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter untuk Kelas III Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 95–108. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2647
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). 21-33. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/4312
Bitasari, W. (2018). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas IV C di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hefnay, H. (2017). Makna dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan lil‘Alamin di Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1438
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.
Intansari, A. (2015). Peningkatan Budaya Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Selotapak No. 424 Trawas Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Malaikosa, Y. M. L. (2021a). Penguatan Life Skills Peserta Didik dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. V(2), 300–312.
Malaikosa, Y. M. L. (2021b). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aditya Media Publishing.
Perdana, I. M. D. A. (2021). Implementasi Manajemen Pembinaan Kesiswaan dalam Membentuk Budaya Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Tutuk, N. (2011). Unifikasi Pendidikan Karakter Berbasis Agana Islam Dalam Pendidikan Sosial.
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.
Ummul, J. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa: Studi Perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo.
Ummul, Jazilah. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa: Studi Perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.28495
Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.