IMPLEMENTASI BUDAYA DISIPLIN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI MA’HADUL MUTA’ALLIMIN KATERBAN

  • Fitri Maisyaroh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
  • Prima Rias Wana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
Kata Kunci: Implementasi, Budaya Disiplin, Pendidikan Karakter

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Memahami proses perencanaan budaya disiplin dalam pembentukan karakter santri di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban; (2) Memahami penerapan budaya disiplin dalam membentuk karakter santri di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban; dan (3) Memahami dampak budaya disiplin dalam membentuk karakter santri di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Penyelidikan ini mengikuti metodologi deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini disusun dengan bantuan pengurus MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban, guru dan siswa kelas lima. Metode untuk mengumpulkan data yang melibatkan pengamatan orang, wawancara dan pemeliharaan catatan menyeluruh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini kemudian digunakan untuk menelaah data yang telah dikumpulkan. Budaya disiplin dapat direncanakan, diterapkan dan dipengaruhi melalui berbagai strategi. Teknik tersebut meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa sudah disiapkan dengan matang yaitu dengan metode pembiasaan yang ada di MI Ma’hadul Muta’allimin Katerban. Guru kelas menemani dan mengawasi siswa saat program pembiasaan dilaksanakan, guru kelas memotivasi siswa, guru kelas melakukan pendekatan kepada siswa, guru menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan lain-lain; (2) Implementasi budaya disiplin dalam membentuk karakter siswa sudah berjalan sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan dengan tahapan, perencanaan, implemntasi dan pengaruh. Dalam pelaksanaan budaya disiplin terdapat beberapa kendala bagi siswa maupun guru; dan (3) Pengaruh budaya displin dalam membentuk karakter siswa yaitu siswa lebih disiplin, bertanggung jawab dan religius. Kebiasaan yang dilaksanakan di sekolah dapat dilaksanakan di rumah ketika libur sekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aini, N. N., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter untuk Kelas III Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 95–108. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2647

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). 21-33. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/4312

Bitasari, W. (2018). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas IV C di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hefnay, H. (2017). Makna dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan lil‘Alamin di Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1438

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Intansari, A. (2015). Peningkatan Budaya Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Selotapak No. 424 Trawas Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Malaikosa, Y. M. L. (2021a). Penguatan Life Skills Peserta Didik dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. V(2), 300–312.

Malaikosa, Y. M. L. (2021b). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270

Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aditya Media Publishing.

Perdana, I. M. D. A. (2021). Implementasi Manajemen Pembinaan Kesiswaan dalam Membentuk Budaya Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Tutuk, N. (2011). Unifikasi Pendidikan Karakter Berbasis Agana Islam Dalam Pendidikan Sosial.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.

Ummul, J. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa: Studi Perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo.

Ummul, Jazilah. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa: Studi Perbandingan di SD Al Muslim dan MINU Wedoro Waru Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.28495

Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Diterbitkan
2022-12-21
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 212 times